Yasti Kunjungi Lokasi Banjir Sangtombolang

0
219

Bolmong, Inatonreport.Com – Kamis (23/9/2021) pagi, sekitar pukul 08.30 wita, Bupati Bolaang Mongondow, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, turun langsung meninjau lokasi terkena bencana banjir yang menerjang di Kecamatan Sangtombolang.

Tiba dilokasi bencana yang menerjang desa Batu Merah, Yasti yang didampingi Kepala BPBD Sahrir Mokoagow, Kepala Dinas Komunikasi dn Informatika, Jenli Mongilong S.Kom, Kepala Dinas Pendidikan, Hi Renti Mokoginta, SPd., MAP, serta Camat Sangtombolang, langsung melihat kondisi bangunan rumah warga serta gereja yang sedang dibersihkan dari sisa-sisa lumpur dan material kayu yang terbawah arus.

Sembari melihat alat berat dan instansi terkait membantu membersihkan sisa-sisa lumpur serta batang-batang pohon yang terbawa arus, Bupati Bolmong juga menghimbau agar masyarakat sekitar untuk tetap wasapda bencana yang bisa datang kapan saja.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada satgas penanggulangan bencana mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan tingkat desa beserta para relawan yang telah bersama-sama berempati terhadap warga masyarakat yang tertimpa bencana,” ucap Yasti.

Yasti berpesan agar masyarakat dapat bersama menjaga, memelihara kelestarian alam, dengan tidak merusak atau pun melakukan pengundulan lahan yang dinlai berfungsi sebagai daerah resapan air..

“Saya juga mengajak untuk selalu memelihara alam dan selalu bijak dalam mengelola alam dengan tidak melakukan penggundulan lahan dan lahan yang kita miliki tetap berfungsi sebagai daerah resapan air agar bencana serupa tidak terulang kembali,” tambah Yasti.

Yasti juga memberikan santunan berupa uang tunai yang diserahkan ke pemerintah desa, diterima langsung Sangadi Yokber Sasundu.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, Sahril Mokoagow, mengatakan banjir yang menerjang Kecamatan Sangtombolag, itu merupakan banjir musiman, curah hujan tinggi, sehingga volume air besar meluap ke pemukiman.

“Belakangan ini curah hujan memang tinggi. Sehingga saat volume air besar, langsung meluap ke permukiman warga. Beruntung juga banjir cepat surut dan tidak ada korban jiwa,” Kata Sahril.

Dikatakannya lagi, bencana banjir yang menerjang kecamatan Sangtombolang, itu merusak beberapa rumah warga dan fasilitas public.

“Data sementara, ada 4 rumah yang rusak, satu rumah hilang. Sedangkan fasilitas publik yang rusak yakni pos satgas, gedung sekolah serta gedung Gereja paling berat kerusakannya,” jelasnya.

Lebih lanjut lagi dikatakannya, hingga saat ini, BPBD Bolmong masih melakukan assesment dan sekarang ini TRC lagi turun melakukan pendataan selain jumlah bangunan yang rusak, serta apa yang menjadi kebutuhan.

“Kondisi listrik di wilayah Sangtombolang masih padam sebab ada beberapa tiang listrik di Desa Batu Merah roboh ke pemukiman warga akibat banjir,” pungkasnya.

*Adve

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.