Jajaran Kodim 1303/Bolmong Ikuti Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

0
151

KOTAMOBAGU – Hari Lahirnya Pancasila merupakan hari dimana Pancasila pertama kali diperdengarkan kepada umum. Yaitu Pada tanggal 1 Juni 1945, saat Soekarno mengusulkan nama dasar negara kita dengan nama Pancasila.

Sedangkan Hari Kesaktian Pancasila adalah hari dimana Pancasila dianggap sebagai dasar negara yang tak tergantikan dan berhubungan dengan peristiwa G30S/PKI. Hal itu dilakukan agar masyarakat memahami sejarah bangsa dan bagaimana Pancasila sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini mengangkat tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” Kegiatan terpusat dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya Jakarta Timur, Presiden Republik Indonesia (Ir. H. Joko Widodo) dalam hal ini menjadi Inspektur Upacara.

Sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, Kodim 1303/Bolmong dan segenap Jajarannya melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 yang dilaksanakan dengan cara Virtual, sederhana, khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Virus Covid-19, Jumat (01/10/2021).

Dalam hal ini, Kodim 1303/Bolmong melaksanakan di Ruang Data Makodim dengan Perwira tertua Kasdim Mayor Arh Achmad Janis, sedangkan Dandim Letkol Inf Raja Gunung Nasution SIP Melaksanakan upacara secara Virtual bersama dengan Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo.

Dikarenakan Kabupaten Bolmong sudah memasuki Zona Kuning maka dari itu dalam pelaksanaan mengikuti upacara bisa melalui siaran Televisi Republik Indonesia (TVRI) atau siaran langsung di kanal Youtube Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tetap menggunakan Protokol Kesehatan yang ketat.

Tidak hanya itu Seluruh Personil Koramil Jajaran Kodim 1303/Bolaang Mongondow juga melaksanakan Kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 di Makoramil masing-masing, walaupun dalam pelaksanaannya secara sederhana tetapi tetap dilaksanakan secara hikmat dan tetap disiplin Prokes dalam pelaksanaannya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.