Tahlis Nyatakan UMKM Bolmong Ikut Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Daerah

0
229

Bolmong, Inatonreport.Com – Sekertaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Tahlis Gallang menyatakan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut memengaruhi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Pernyataan ini disampaikan Tahlis saat membuka sosialisasi dan bimbingan teknis kemudahan berusaha bagi pelaku usaha UMKM, Senin (29/11/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Bintang Tiga Meeting Room, Mongkonai, Kotamobagu, diikuti oleh pelaku usaha dari Kecamatan Passi Barat.

Tahlis mengatakan, saat ini banyak investor melirik Kabupaten Bolaang Mongondow sebagai daerah investasi baru. “Artinya, akan banyak uang yang berputar di daerah ini. UMKM dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengembangkan usahanya,” kata Tahlis.

“Jika berputarnya uang dimasyarakat tinggi, berarti semakin tinggi aktivitas transaksi di masyarakat, sehingga pertumbuhan ekonomi pun ikut meningkat,” lanjut dia.

Lebih jauh Tahlis menjelaskan terkait dampak investasi tidak hanya datangnya investor tetapi dengan adanya putaran uang di wilayah Bolmong maka ikut membantu perkembangan usaha. Dia mengimbau agar masyarakat Bolmong sendiri lebih banyak berbelanja di daerah sendiri dan bukannya berbelanja keluar. Sehingga uang yang ada di Bolmong hanya berputar di Bolmong saja.

Kepada UMKM katanya, Pemda Bolmong memberikan kemudahan didalam berusaha. Dimana, kata dia, pengurusan izin tidak lagi serumit dulu. Sekarang, pengurusan perizinan sudah semakin mudah. Beberapa peraturan yang memberatkan pelaku usaha sudah dicabut. Pelaku usaha pun makin enak dalam berusaha.

Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.