Dalam Rangka Hari Ibu ke 93 PSC Kabupaten Bolmut Gelar Donor Darah

0
407

Bolmut, Inatonreport.Com – Dalam Rangka memperingati Hari Ibu yang ke 93 Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melalui PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 gelar Donor Dara bertempat di Gedung OSC 119 Kabupaten Bolmut.

Acara ini diselenggarakan PSC bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bolmut dan tim Penggerak PKK Kabupaten Bolmut,

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Sofyan Mokoginta SKM mengatakan, kegiatan donor darah ini bermaksud untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan darah. Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap delapan detik ada satu orang yang membutuhkan donor darah di Indonesia.

“Dan Indonesia kekurangan 500.000 kantong darah. Hal ini dikarenakan partisipasi masyarakat untuk menjadi donor masih kurang. Dengan kondisi seperti inilah, PSC dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolmut berinisiatif melakukan kegiatan ini,

Lebih lanjut dia mengatakan, orang yang melakukan donor darah selalu memiliki nilai sosial ke masyarakat. Dengan mendonorkan darah, pendonor akan mendapatkan manfaat yang besar.

“Orang yang melakukan donor darah juga mendapatkan manfaat bagi diri sendiri, yakni meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, dan dengan menyumbangkan 500 ml darah, maka pendonor melepaskan 650 kalori, dan ini sangat baik untuk menjaga berat badan,” papar Kabid Pelkes

Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Bolmut Dra.Ny Ainun Pontoh-Talibo yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Bolmut di dampingi Pengurus PMII Bolmut dan seluruh SKPD di Lingkup pemerintahan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memberikan apresiasi kepada seluruh pendonor yang sukarela mendonorkan darahnya. Sebab dengan mendonorkan darah pada acara hari ini, setiap pendonor turut membantu ketersediaan kantong darah bagi orang-orang yang membutuhkan.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh pendonor yang sukarela menyumbangkan darahnya kepada saudara kita yang membutuhkan, dan harapan saya kegiatan donor darah pada hari ini berjalan lancar, serta akan mengumpulkan banyak kantong darah yang diperlukan oleh saudara kita,” pungkas dia.

*IB
 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.