Memasuki Musim Tanam, Babinsa Koramil Lolak Rutin Ke Sawah Motivasi Petani

0
73

B O L M O N G — Pendampingan kepada petani, menjadikan lokasi Persawahan merupakan tempat rutin yang didatangi oleh para Babinsa. Upaya khusus (Upsus) ini, dalam rangka memperkuat Ketahanan Pangan di wilayah binaan.

Seperti yang dilakukan oleh Koptu Rusmanto Paputungan anggota Babinsa Koramil 1303-11/Lolak yang mendampingi Petani mencabut bibit padi siap tanam dari tempat persemaiannya di Desa Mongkoinit Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa (07/12/2021).

“Bibit padi yang berusia sepekan atau ukuran setinggi sejengkal, sudah siap untuk ditanam. Bibit padi ini kami cabut dan selanjutnya akan ditanam di areal persawahan yang telah disiapkan sebelumnya. Apalagi sekarang ini sudah memasuki musim tanam,” ujar Babinsa Koptu Rusmanto.

Babinsa Koptu Rusmanto itu memberikan Pendampingan kepada petani sudah sejak semula. Yakni, mulai dari masa persiapan lahan. Upaya khusus ini bertujuan untuk memotivasi petani, agar lebih giat lagi meningkatkan luas tanam padi. Sebab hal ini akan berdampak semakin naiknya hasil panen petani.

Kehadiran dan Pendampingan Aparat Komando Kodim 1303/Bolaang Mongondow ini, mendapatkan apresiasi dari petani. Bahkan menurut Ardi (36) pemilik lahan sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa.

Ditempat terpisah, Danramil 1303-11/Lolak Kapten Inf Paulus Landeng menyebutkan, upaya khusus Pendampingan yang dilakukan Babinsa Jajarannya tersebut, dalam rangka meningkatkan Ketahanan Pangan. Khususnya, dalam menghadapi imbas dari pandemi Covid-19.

“Semakin meningkatnya hasil panen petani, akan membuat stok pangan kita menjadi kuat. Tentunya dalam hal kesejahteraan petani, akan semakin meningkat signifikan,” ucap Danramil.

Danramil 11/Lolak juga menjelaskan, itulah yang menjadi dasar utama Babinsa Jajarannya, memberikan pendampingan secara melekat kepada petani yang ada di wilayah binaan masing-masing.

Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.