Wali Kota Lantik Pejabat Struktural dan Fungsional

0
396

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melaksanakan upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat struktural menjadi pejabat fungsional, Jumat (31/12).

Sebanyak 191 pejabat struktural eselon IV dilantik Wali Kota Ir Tatong Bara, menjadi pejabat fungsional.

Acara pelantikan yang dilaksanakan di Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu itu, disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda), Sande Dodo, para Asisten serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Kotamobagu.

Adapun pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional dan penyetaraan dalam jabatan ini dilaksanakan dengan dasar Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional. Kemudian Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi, dan Surat Mendagri No 800/8309/OTDA tentang Persetujuan Penyetaraan Jabatan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Wali Kota Tatong Bara dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelantikan ini dilakukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. “Kita lakukan penyederhanaan birokrasi, yang tadinya proses dari 3 tingkat yakni Eselon II, III dan IV kini menjadi 2 tingkat Eselon II dan III saja,” kata wali kota dalam sambutannya.

Dengan adanya penyederhanaan birokrasi ini, diharapkan nantinya kinerja para ASN akan lebih baik lagi.

“Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan struktural menjadi pejabat fungsional ini serentak dilaksanakan di seluruh indonesia dan batasnya hari ini. Alhamdulillah Kota Kotamobagu hari ini sudah terlaksana,” ujarnya.

Lanjutnya, adapun nama-nama yang dilantik ini sudah lewat verifikasi dan persetujuan dari KemenPANRB. “Atas nama pemerintah Kotamobagu menyampaikan banyak selamat bagi pejabat yang dilantik hari ini, dan selamat menjalankan tugas masing-masing,” ujarnya.

Sekadar informasi, sebelum acara pelantikan, Wali Kota Tatong Bara menyerahkan Surat Keputusan (SK) pensiun kepada Irianto Mokoginta yang terhitung 1 Januari 2021. Irianto sendiri merupakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. 

*Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.