Rakyat Kekurangan Pupuk, Pemda Bolmut malah Make Up Rudis Gulantu

0
381

Bolmut, Inatonreport.Com – Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada APBD tahun 2022 telah menggelontorkan anggaran sebesar 7 miliar rupiah guna perbaikan Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati, yang berada di Puncak Gulantu, Desa Bigo Selatan Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Kebijakan tersebut tuai sorotan dari beberapa tokoh yang ada di Daerah Adat Bolaang Mongondow Utara tersebut. Pasalnya rakyat pada saat ini berteriak kekurangan pupuk namun pemerintah tetap memaksakan untuk mempercatik Rudis tersebut.

Arman Lumoto, mantan Wakil Ketua DPRD Bolmut saat bersua dengan awak media menyesalkan hal ini. Menurut Arman, anggaran perbaikan Rumah dinas itu pada saat paripurna ada beberapa Fraksi yang ada di DPRD menolak tapi kok sampai saat ini teranggarkan.

Arman menambahkan seharusnya Pemda seperti kondisi saat ini, lebih memperhatikan perbaikan ekonomi masyarakat yang saat ini menjerit karena tidak ada bibit, pupuk dan lainnya. Namun apa mau di kata, untuk penganggaran pupuk tahun ini yang hanya sebesar 2,5 miliar rupiah yang tidak sebanding dengan perbaikan Rudis.

Informasi yang berhasil dihimpun awak media rumah dinas (Rudis) Gulantu akan dipercantik tahun ini dengan anggaran sebesar Rp. 7.480.000.000 yang bersumber dari ABPD Bolmut 2022. Proses pelaksanaan Pengadaan Langsung, seleksi dan tender akan berlangsung pada bulan Januari-Februari 2022.

Dalam pantauan media, Rudis Gulantu sepertinya akan dipercantik dengan sungguh-sungguh. Dari perencanaan rehab berat bangunan gedung Rudis Bupati dan Wakil Bupati Bolmut menelan biaya sebesar Rp. 350.000.000.

Selain itu, proses pengawasan rehab berat bangunan gedung Rudis Bupati pada bulan Februari 2022 dibayarkan dengan APBD sebesar Rp.130.000.000.

Dan untuk proses tendernya dengan anggaran sebesar Rp 7 milliar harusnya sudah ditayangkan di situs LPSE Bolmut. Tapi yang ada baru dua kegiatan non tender.

*IB

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.