Bupati Bolmong Resmi Sandang Gelar Adat ‘Bogani Ki Yasti’

0
144

BOLMONG, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow hari ini resmi menyandang gelar adat ‘Bogani Ki Yasti’.

Gelar adat tersebut diberikan melalui prosesi adat dimulai dari musyawah bersama antar tokoh adat di 15 Kecamatan di Bolmong.

Pemberian gelar adat kepada Bupati Bolmong dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Bolmong, Lolak, Senin (21/3/2022).

Usai menerima pemberian gelar adat, Yasti menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bolaang Mongondow, terutama kepada tokoh-tokoh adat, sangadi, lurah dan BPD.

“Pemberian gelar adat ‘Bogani Ki Yasti’ merupakan suatu penghormatan masyarakat kepada saya. Dan ini adalah amanah dari masyarakat yang saya terima dengan baik, dengan senang hati,” kata Yasti.

“Untuk kedepan wajib bagi saya, dimana pun saya berada untuk tetap menghormati nilai-nilai luhur budaya Bolaang Mongondow. Dan, tentu saya wajib juga memajukan Bolaang Mongondow, istimewanya setiap anak Bolaang Mongondow harus kita bantu sesuai dengan kapasitas kita,” tambah Yasti.

Lebih jauh katanya, anak Mongondow yang dia maksudkan adalah seluruh rakyat Bolaang Mongondow apapun Agamanya, Sukunya dan Rasnya yang tinggal di Bolaang Mongondow adalah orang Mongondow.

“Dimana bumi kita pijak, disitu langit kita junjung,” ujar Yasti. Setiap orang Mongondow dari Suku, Ras dan Agama apapun menjadi kewajibannya untuk dibantu sebagai bentuk amanah yang diembannya.

Prosesi adat dimulai dari musyawarah Mobakid, kemudian Momahasa, Podui’an, dilanjutkan dengan prosesi Molumbat, penyerahan Kokaloi, dan terakhir pemasangan Bulambulan Papodong sebagai simbol sumber cahaya yang menerangi kehidupan manusia.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan pemberian gelar adat, tokoh adat Bolaang Mongondow Chairun Mokoginta memimpin upacara ritual Rimong.

Advertorial

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.