Gandeng BPBD, Satgas TMMD 113 Gelar Penyuluhan Bencana Alam

0
183

B O L M U T — Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-113 Kodim 1303/Bolaang Mongondow menggelar kegiatan sasaran Non-fisik.

Dengan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmut Satgas TMMD 113 memberikan penyuluhan kepada 50 orang warga di Desa Bohabak Satu tentang Bencana Alam, Jumat (27/05/2022).

Bertempat di Kantor Kecamatan Bolangitang Timur penyuluhan Bencana Alam ini dibawakan langsung oleh Kepala BPBD Kabupaten Bolmut Fiktor F. Nanlessy SPI, MSI yang didampingi oleh Dan-SSK TMMD 113 Kapten Inf Muyassir SIP bersama Kepala Desa Bohabak Satu Mustari Bonang.

Kegiatan penyuluhan tentang Bencana Alam ini, merupakan salah satu program non-fisik Satgas TMMD ke-113. Dimana, kegiatan ini memang perlu harus dilakukan karena mengingat situasi dan kondisi geografis pemukiman warga masyarakat yang berada di wilayah pegunungan serta memiliki tingkat curah hujan yang tinggi.

Menurut Dan-SSK Kapten Inf Muyassir SIP, Kegiatan penyuluhan tentang Bencana Alam ini, sangatlah penting untuk diberikan kepada warga masyarakat yang berada di lokasi TMMD.

Hal ini dilakukan mengingat warga masyarakat di lokasi TMMD tersebut, bermukim di area pegunungan serta terdapat beberapa kali atau Daerah Aliran Sungai (DAS). Yang mana, bahaya dari Bencana Alam dapat berupa tingkat curah hujan yang tinggi, yang dapat mengakibatkan tanah longsor atau pun banjir.

“Penyuluhan seperti ini memang harus diberikan kepada warga masyarakat melalui program non-fisik TMMD, agar masyarakat dapat melakukan kesiap-siagaan dalam menghadapi bencana serta melakukan pencegahan dan mengurangi resiko korban jiwa nantinya,” ucap Dan-SSK.

Kapten Inf Muyassir menambahkan, penyuluhan ini sebagai langkah awal untuk mengurangi, serta menghapus kerugian dan korban jiwa yang mungkin akan muncul sebagai dampak dari Bencana Alam.

Sehingga program non-fisik TMMD ini dapat menambah wawasan warga masyarakat serta dapat mengurangi dampak dan resiko yang ditimbulkan, khususnya bagi warga masyarakat yang berdiam di lokasi TMMD itu.

“Untuk itu, kami berharap agar warga masyarakat tetap menjaga kelestarian alam agar tetap hijau, sejuk dan asri demi mengurangi resiko yang akan timbul nantinya,” tutur Dan-SSK.

Senada dengan Dan-SSK TMMD 113, Kepala BPBD Kabupaten Bolmut Fiktor F. Nanlessy menuturkan, Sangat apresiasi kepada TNI yang malam hari ini melaksanakan penyuluhan tentang penanggulangan bencana, yang menurut kami ini sangat penting, karena ini akan menambah wawasan juga pengetahuan bagi masyarakat untuk mengantisipasi ketika terjadi hal hal yang tidak kita inginkan bersama.

“Di kabupaten Bolmut sendiri setiap tahunnya hampir selalu terjadi bencana, oleh karena itu melalui kegiatan semacam ini sangat bermanfaat dan penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam mengantisipasi ketika terjadi bencana di kemudian hari,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.