Berikan Materi Wasbang di SMK 01 Modayag Barat, Tunjukkan Soliditas TNI-Polri

0
307

B O L T I M — Dalam rangka mendukung kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di lingkungan sekolah, Babinsa Koramil 1303-03/Modayag Serda Wislan Suangi bersama Bhabinkamtibmas Bripka Rokib memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan atau Wasbang.

Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Milenial Yang Berkarakter Dan Berprestasi Pada Era Digital” Babinsa bersama Bhabinkamtibmas berkolaborasi memberikan materi Wasbang kepada siswa dan siswi SMK Negeri 01 Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Selasa (19/07/2022).

Kegiatan pembekalan kepada siswa siswi sekolah di wilayah binaan seorang Babinsa merupakan bagian dari konsep pembinaan teritorial (Binter) guna membekali dan melatih para pelajar agar memiliki karakter disiplin dan jiwa Nasionalisme sejak dini.

Dalam kesempatan terpisah, Danramil 1303-03/Modayag Lettu Cpl M. Jassim Lessy menuturkan, Kegiatan LDKS di sekolah sekolah dalam ini telah mempercayakan pembekalan dari anggotanya yakni berupa materi wawasan kebangsaan (wasbang) dan PBB (Peraturan Baris Berbaris).

“Dengan adanya kegiatan LDKS diharapkan para siswa siswi SMK Negeri 01 Modayag Barat akan terbentuk sikap dan mentalnya serta meningkatnya disiplin, dan tertanam jiwa nasionalisme dan cinta tanah air,” ujarnya.

Lebih lanjut, “LDKS sebagai wadah untuk pembentukan karakter, siswa akan diberi nutrisi dengan materi yang menunjang kecintaan terhadap bangsa dan negara serta nilai kebersamaan atau jiwa korsa yang diharapkan bisa menumbuhkan nilai moral yang kian tergerus.

“Dalam pelatihan ini, mempunyai peranan penting untuk membangun karakter, disiplin kepemimpinan agar dimasa depan nanti para siswa dan siswi bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat,” tutur Danramil.

Sementara itu, Kepala sekolah SMK Negeri 01 Modayag Barat Herdianto Mamonto SPd menuturkan, dalam melaksanakan tugas kepengurusan, diperlukan adanya pembinaan atau latihan dasar untuk para siswa agar mereka paham tugas pokok dan tanggung jawab yang akan diembannya.

“Kegiatan ini tentunya dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman dalam hal ini bapak Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Berbagai materi yang diajarkan mencakup kemampuan siswa dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat, hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang solid dan bijaksana,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.