Pj Bupati Limi Mokodompit Gelorakan Gerakan “Igay Mononggoba” di Passi Timur

0
28

Gerakan Igay Mononggoba berupa kegiatan penanaman dan pemanenan tanaman kentang dilangsungkan di Desa Sinsingon Induk, Kecamatan Passi Barat, Jumat (22/7/2022).

Limi Mokodompit sebelum melakukan penanaman dan pemanenan terlebih dahulu berdiaolog dengan petani kentang. Kepada mereka banyak hal yang disampaikan terutama untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Kita tidak hanya ingin menjaga ketahanan pangan, tapi yang kita harapkan adalah kedaulatan pangan,” ujar Limi.

Menurut penjabat bupati, kita jangan dulu memikirkan yang besar-besar, namun kita akan mulai dari yang kecil-kecil. Pertama kita akan mulai dari bagaimana pemilihan bibit yang baik sehingga mampu meningkatkan produktivitas.

Kemudian berkaitan dengan kepemilikan lahan. Agar supaya, kata Limi, ketika akan mengajukan pinjaman dapat disetujui perbankan.

Dia juga menyinggung bagaiman kesehatan dan pendidikan anak-anak. Hal-hal kecil ini dulu yang harus dibenahi.

Lebih lanjut, kata Limi, presiden dan gubernur mengajak untuk berkebun karena terbukti bahwa selama pandemi Covid-19 ada tiga hal yang tidak terkena dampak gejolak ekonomi. Ketiga hal itu, yaitu pertanian, perkebunan dan perikanan, ujarnya.

Sehingga presiden, gubernur dan Bupati Bolmong memprioritaskan sektor pertanian untuk terus dikembangkan. Bahkan, dia meminta agar Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan untuk lebih intens lagi memperhatikan sektor ini. Pada kesempatan ini juga diberikan bantuan berupa bibit kopi, pupuk cair dan herbisida kepada kelompok tani.

Advertorial

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.