Desa Mopuya Bersatu Dicanangkan sebagai Kampung Pancasila

0
294

BOLMONG, Inatonreport.Com – Gema Gong menandai dicanangkannya Desa Mopuya Bersatu, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow sebagai “Kampung Pancasila”.

Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodomput berkenan memukul gong sebagai tanda pencanangan, Selasa (20/9/2022), dengan didampingi Dandim 1303 Bolmong Letkol.Topan Angker.S.Sos, Kapolres Bolmong AKBP. Slamet Ramelan.SIK, serta Forkopimda Bolmong.

Tiba di lokasi pelaksanaan kegiatan, penjabat bupati disambut alunan suara alat musik Bali, Tari Kuda Kepang dan Tari Kabela serta puluhan siswa SD dan SMP menandakan kecintaan para siswa kepada ideologi Pancasila.

“Tentunya Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow menyambut baik dan siap mendukung penuh keberadaan Kampung Pancasila ini,” kata Limi.

“Keberadaan Kampung Pancasila sangat bernilai strategis dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multi kultur, multi etnik dan multi agama,” tambah dia.

Untuk itu, Limi memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Desa Mopuya Bersatu sebagai Kampung Pancasila pertama di Bolmong.

Menurut penjabat bupati, penanaman dan penghayatan nilai-nilai serta falsafah Pancasila merupakan sebuah langkah penting yang harus dilakukan secara berkesinambungan.

Apalagi, katanya, saat ini dengan derasnya arus globalisasi banyak paham yang tidak sesuai dengan pandangan hidup bangsa perlu mendapat pembentengan diri lewat pendalaman dan penghayatan atas nilai-nilai Pancasila.

Dengan arti kata, kita perlu memahami esensi dan arti penting nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari. Sehingga tidak hanya menjadi simbol, tapi sebagai pemersatu keragaman yang ada.

Sementara itu, Dandim 1303 Bolmong menyatakan dipilihnya Desa Mopuya Bersatu karena tingkat toleransi yang sangat tinggi ada disini. Ini terlihat dari berdampingannya tempat ibadah yaitu Masjid, Gereja dan Pura.

Ini baru pertama, nanti akan ada desa-desa lainnya yang akan dicanangkan sebagai “Kampung Pancasila”.

Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.