Wakili Bupati Bolmong, Ashari Buka Diklat CPMI ke Jepang

0
235

BOLMONG, Inatonreport.Com – Sosialisasi dan Diklat Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ke Jepang di buka Asisten III Drs.Ashari Sugeha mewakili Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit.

Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 2 kantor bupati, Senin (26/9/2022), dihadiri pula Kepala BP2MI Sulut Hendra T.Makalalag, S.IP, Perwakilan ISO & LPPR Jepang Budiawan Tahir, Kadisnaker Bolmong. Dengan peserta CPMI sebanyak 18 orang.

Ashari pada kesempatan ini membacakan sambutan Penjabat
Bupati Bolmong, dimana banyak menyinggung soal perlindungan pekerja migran Indonesia yang diatur dalam UU Nomor 18 Tahun 2017.

Permasalahan ketenagakerjaan, kata Ashari, harus diakui bersifat multi dimensional, baik politik, sosial dan ekonomi sehingga berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat secara umum.

“Untuk menghadapi tantangan tersebut, diperlukan kebijakan pembangunan ketenagakerjaan yang menyeluruh dan universal. Dalam memberdayakan serta mendayagunakan sumber daya manusia secara optimal,” kata Ashari.

Lebih lanjut, katanya, selama dua tahun negara kita diterpa pandemi Covid-19 yang meluluhlantakkan dunia dari semua sektor kehidupan, sehingga berimbas pada pemutusan hubungan kerja atau PHK secara besar-besaran.

Karenanya, tambah Ashari, pelaksanaan sosialisasi dan Diklat bagi pekerja migran Indonesia dari Bolaang Mongondow diharapkan dapat menyiapkan langkah strategis. Sekaligus aplikatif dibidangnya dalam rangka mengoptimalkan peluang kerja melalui penempatan tenaga kerja di luar negeri.

Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.