Hadiri Apel Gelar Pasukan, Dandim Bolmong Siap Amankan Nataru

0
187

KOTAMOBAGU – – Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondow Letkol Inf Topan Angker S.Sos menghadiri giat apel gelar pasukan operasi lilin 2022 dalam rangka pengamanan hari raya natal 2022 dan malam tahun baru 2023 yang bertempat di lapangan Aruman Kelurahan Motoboi Kecil Kotamobagu, Kamis (22/12/2022).

Pelaksanaan yang dipimpin oleh Walikota Kotamobagu Ir Hj. Tatong Bara turut didampingi oleh Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK, Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos, Ketua Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu Junita Beatrix Ma’i, SH MH.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang dibacakan oleh Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara menuturkan bahwa momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.

“Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari sampai dengan 9 Januari 2023.” Ucapnya.

Khusus pengamanan ibadah Natal, dilakukan sterilisasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dengan melibatkan elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan sebagai wujud toleransi beragama.

“Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas.” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Dandim Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos dalam rilisnya mengatakan, Kodim 1303/Bolmong beserta jajaran dan Instansi terkait siap untuk melaksanakan Operasi Lilin 2022. Dan terhitung mulai tanggal 24 Desember 2022 personel sudah masuk di pos-pos pengamanan yang telah ditentukan, sampai dengan tanggal 2 Januari 2023,”ungkap Dandim.

Dandim 1303/Bolmong juga menghimbau kepada seluruh anggotanya, dalam melaksanakan tugas di lapangan, agar selalu mengedepankan pendekatan secara humanis terhadap warga masyarakat.

“Dan kehadiran anggota tentunya harus dapat dirasakan oleh warga masyarakat, serta dapat membantu menjaga keamanan saat Nataru. Selain itu, anggota juga harus menghindari sikap arogan, yang nantinya justru akan merugikan nama Satuan dan Instansi TNI,” tutur Dandim Bolmong.

Perlu diketahui, seusai pelaksanaan Apel gelar pasukan “Ops Lilin 2022” dilanjutkan dengan Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana di Wilayah Polres Kota Kotamobagu dan Pemusnahan barang bukti Miras, Obat-Obatan, Kosmetik dan Knalpot Bising/Brong.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.