Gelar Upacara Bendera 17an, Kasdim Bolmong Bacakan Pesan Panglima TNI

0
53

KOTAMOBAGU – – Kodim 1303/Bolaang Mongondow menggelar Upacara Bendera Tujuh Belasan yang diselenggarakan pada bulan Januari 2023 yang berlangsung di halaman Makodim 1303/Bolmong, Selasa (17/01/2023).

Kepala Staf Kodim 1303/Bolmong Mayor Arh Achmad Janis bertindak sebagai Inspektur Upacara dan untuk Komandan Upacara dijabat oleh Serka Sarif Ratusmanga serta diikuti Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Kodim Bolmong.

Dalam amanat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M. yang dibacakan oleh Kasdim 1303/Bolmong Mayor Arh Achmad Janis mengatakan, Tantangan yang dihadapi Bangsa saat ini
sangatlah beragam dan kompleks. Pandemi Covid- 19 masih menyisakan permasalahan berupa krisis ekonomi dan inflasi di tengah masyarakat. Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan perang antara Rusia dan Ukraina serta ketegangan di Kawasan Asia Timur yang turut melemahkan kondisi ekonomi global.

“Di sebagian wilayah NKRI, gangguan dari kelompok separatis teroris masih terus mengusik keamanan dan ketenangan masyarakat. Dan yang terakhir, kita akan dihadapkan dengan tantangan penyelenggaraan pesta demokrasi berupa pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024,” ucap Kasdim.

Menyikapi beragam kondisi dan tantangan yang dihadapi bangsa tersebut, TNI sebagai alat utama pertahanan negara harus terus hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokok TNI yang telah diamanatkan oleh undang- undang.

“Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI harus mampu membantu mengatasi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa. Sesuai visi saya sebagai Panglima TNI, TNI harus mampu menjadi Patriot, yakni prajurit TNI profesional, modern dan tangguh. TNI kuat, rakyat bermartabat,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Kasdim Bolmong menuturkan, Selamat bertugas dan jadilah prajurit profesional yang humanis. Ingatlah selalu petuah Jenderal Besar Soedirman, yakni “Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat , bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat. Tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu.”

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.