Melalui Metode Komsos, Babinsa Intens Sosialisasikan Perekrutan Komcad

0
181

B O L M O N G – – Komunikasi sosial atau Komsos TNI merupakan salah satu bagian dari metode Pembinaan Teritorial (Binter) yang wajib dan harus dilakukan oleh unsur pelaksana kewilayahan yakni Kodim dan Koramil.

Pelaksanaan Komsos memiliki tujuan agar terwujud dan terpeliharanya komunikasi dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda. Sehingga dapat tersampaikan secara langsung kebijakan kebijakan pemerintah dan TNI, sekaligus terjalin sinergitas dalam mewujudkan kondisi yang tangguh.

Seperti hari ini, Koramil 1303-07/Dumoga melalui Babinsa di wilayah sangat intens melaksanakan komsos tentang perekrutan komponen cadangan (Komcad).

Merujuk UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk pertahanan negara, Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

Pembentukan Komcad dilakukan setelah Presiden RI Ir. Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

Dalam hal ini, Serka Patmon Kalundang yang merupakan Babinsa di Desa Bumbungon Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow aktif mensosialisasikan perekrutan Komcad dengan menggandeng aparat Kelurahan, Guru, serta ketua RT. Ia mengaku kebersamaan yang terbentuk menjadi modal besar keuntungan dalam pelaksanaan sosialisasi kepada warga di wilayah binaan.

Sementara itu, Danramil Kapten Czi Sardi Oni Mamonto SH merespon positif kreatifitas Babinsa dalam melaksanakan perekrutan Komcad kepada warga di wilayah binaannya.

“Saya sangat respek terhadap kiprah Babinsa yang gencar mensosialisasikan perekrutan Komcad di wilayah binaan masing masing. Semoga dengan inovasi dan kreatifitas yang dilakukannya, mampu menjawab perintah dan mampu meningkatkan animo masyarakat untuk menjadi anggota Komcad,” tutur Danramil.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.