Limi Mokodompit Resmi Sandang Gelar Adat “Bogani Ki Limi”

0
138

BOLMONG, Inatonreport.Com – Penjabat Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow resmi menggunakan gelar adat “Bogani Ki Limi”. Pemberian gelar adat dilaksanakan di rumah jabatan Bupati Bolmong, Lolak, Senin (27/3/2023).

Pemberian gelar adat diberikan langsung oleh tokoh adat Bolaang Mongondow sekaligus budayawan Chairun Mokoginta.

Pemberian gelar ini menurut Chairun, sudah melalui rapat Bakid perwakilan seluruh tokoh-tokoh adat tingkat desa maupun kecamatan se Bolmong.

“Pj Bupati Limi mendapat gelar Bogani dan istri Boki Iryanti. Ini dijaring dari aspirasi masyarakat, ini murni dibahas dari perwakilan tokoh adat se-bolmong. Dan berita acaranya ada,” tuturnya.

Nantinya kata Mokoginta penyandang gelar adat ini punya hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan. “Yang bersangkutan bisa mendapatkan perlindungan adat dan kewajibannya harus melestarikan budaya yang berada di Bolmong,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Wakil Ketua DPRD Sulhan Manggabarani, Kapolres Bolmong AKBP Slamet Ramelan, Kapolres Kota Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi SIK, Dandim Bolmong, Letkol Topan Angker, S.Sos.

Selain itu hadir pula Direktur PDAM Kamran Muktar, camat se Bolmong, Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit SM MBA, Pimpinan OPD Pemkab Bolmong, dan perwakilan tokoh adat tingkat kecamatan dan desa se-Bolmong.

Sementara itu, usai menerima gelar adat Bupati Limi berterima kasih kepada pemangku adat di desa, kecamatan maupun tokoh-tokoh adat. Katanya, setelah dianugerahi gelar adat uni, pastinya ia akan menjadi pengayom dan pelindung masyarakat. “Tentunya saya akan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Limi.

Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.