Peduli Lingkungan Hidup, Koramil Bintauna Bersama Warga Binaan Tanam Mangrove

0
150

B O L M U T – – Sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan, banyak cara bisa dilakukan misalnya saja melalui penanaman pohon mangrove, Seperti yang dilakukan oleh Koramil 1303-15/Bintauna, Rabu (15/03/2023) kemarin.

Pada pelaksanaan Penanaman Pohon Mangrove yang digagas oleh Koramil 1303-15/Bintauna sebanyak 390 Pohon yang dilaksanakan di Desa Sangtombolang Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penanaman mangrove yang dipimpin langsung oleh Danramil 1303-15/Bintauna Letda Inf Haris Hulinggi bersama anggota turut dihadiri oleh Erwin Dg Palesang STP (Kasi-Trantib) yang mewakili Camat Sangkub, Assarin Mokodompit (KPH 1 Bolmong/Bolmut), Arianto Paja S.Hut (Penyuluh Kehutanan), Rijib Pangko (Pjs Kades Sangtombolang) bersama aparat Desa, Arifin Dg Masega SPd (Kepsek Satap Sangtombolang) bersama siswa dan siswi.

Danramil 1303-15/Bintauna Letda Inf Haris Hulinggi mengatakan, Kegiatan ini sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam penghijauan di wilayah pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membendung air laut saat terjadinya air pasang sehingga dapat mengurangi abrasi di daerah pesisir pantai kedepannya,” ucap Danramil.

Lebih lanjut Danramil menuturkan, Selain berfungsi menjadi penghalang dan pencegah abrasi, hutan mangrove juga menjadi benteng pengaman dari ancaman bencana seperti gelombang pasang (tsunami) dan pendukung kehidupan biota laut.

“Kegiatan Tersebut merupakan perintah dari Komando Atas, yang khususnya untuk wilayah pesisir pantai agar melaksanakan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon mangrove karena ini adalah tugas kita bersama,” tutur Danramil

Ada pun tanaman mangrove yang ditanam di pesisir Pantai Desa Sangtombolang berjumlah 390 pohon dan telah bekerja sama dengan elemen masyarakat beserta Koramil di wilayah Koramil 1303-15/Bintauna.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.