Babinsa Pantau Lokasi Banjir di Desa Tobayagan Induk

Bolsel, Terkini37 Views

B O L S E L – – Serda Sugandi Mokoagow yang merupakan salah seorang Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-06/Pinolosian melaksanakan pemantauan dilokasi banjir akibat luapan air sungai yang terletak di Desa Tobayagan Induk Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Jumat (16/06/2023).

Serda Sugandi Mokoagow menyampaikan, Banjir ini mengakibatkan 60 Kepala Keluarga yang terdampak dengan ketinggian air bervariasi kisaran diantara 50 – 60 Cm atau sekitar lutut orang dewasa.

Lebih lanjut, Serda Sugandi menghimbau kepada warga untuk tetap waspada apabila terjadi luapan air sungai susulan akibat curah hujan yang tinggi hingga saat ini. “Untuk laporan saat ini, sementara kondisi luapan air sudah mulai berangsur angsur surut,” ujarnya.

Dari pantauan wilayah yang terdampak banjir, hingga saat ini air masih menggenangi halaman sebagian perumahan warga dan kondisi debit air hingga saat ini sudah berangsur-angsur mulai surut tapi masih terus siaga dikarenakan curah hujan yang tinggi hingga kini.

“Curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan terutama di daerah Tobayagan Induk mengakibatkan beberapa titik rawan bencana mengalami luapan air, sehingga diharapkan kepada warga agar selalu waspada, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan,” tutur Babinsa.

Terkait kondisi ini, Danramil 1303-06/Pinolosian Peltu Irwan Syarifuddin telah memerintahkan ke seluruh Babinsa jajarannya untuk memonitor perkembangan wilayah binaan masing-masing Babinsa guna melihat sejauh mana dampak banjir yang terjadi kepada masyarakat.

“Kita sudah perintahkan para Babinsa bersama dengan Babhinkamtibmas untuk selalu memantau kondisi warga yang wilayahnya terdampak banjir, Babinsa Serda Sugandi bersama Danposramil Serma Noval Hasan saat ini masih bersiaga di wilayah binaan masing masing dan segera mungkin melaporkan perkembangan situasi yang ada,” ujar Danramil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.