Desa Doloduo 2 Wakili Bolmong Diajang Lomba Desa 2024 Tingkat Provinsi Sulut

Bolmong, Terkini149 Views

BOLMONG, Inatonreport.Com – Ajang Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Utara tahun 2024 kembali digelar. Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow mengutus Desa Doloduo 2, Kecamatan Dumoga Barat sebagai perwakilan dari Kabupaten Bolaang Mongondow.

Desa Doloduo 2 menjadi perwakilan Bolmong. Setelah Desa Doloduo 2 meraih peringkat pertama pada ajang lomba desa tingkat Kab. Bolmong. Desa Doloduo 2 menyisihkan 199 desa lainnya pada ajang tersebut.

Kepada awak media, Senin (3/6/2024), Penjabat Bupati Bolmong dr.Jusnan Mokoginta, menjelaskan rencana kegiatan penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulut yang akan berlangsung pada Rabu, 5 Juni 2024, di Desa Doloduo 2.

Beberapa hal menjadi keunggulan Desa Doloduo 2 dibeberkan Jusnan pada pertemuan dengan sejumlah awak media. Terutama mengapa Desa Doloduo 2 bisa terpilih mewakili Kab.Bolmong.

“Desa Doloduo 2 terbaik dalam hal aplikasi desa serta memiliki inovasi berupa usaha UMKM. Usaha pengolahan pisang dengan tiga rasa dan masing-masing diberi nama yang unik,” kata Jusnan.

Dia pun menyampaikan kesiapan dirinya untuk memaparkan kondisi Desa Doloduo 2 dihadapan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulut.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Kelembagaan dan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Wanti Indira Toligaga, SAB, menyampaikan bahwa Desa Doloduo 2, Kecamatan Dumoga Barat, meraih peringkat pertama Lomba Desa Tingkat Kabupaten 2 kali berturut-turut. Yaitu tahun 2023 dan 2024.

Wanti menjelaskan beberapa hal berkaitan dengan keberhasilan Desa Doloduo 2 meraih peringkat pertama. Dimana, katanya, Desa Doloduo 2 senantiasa mengupdate informasi ke sistim aplikasi desa.

Selain itu, inovasi berupa usaha pengolahan pisang menjadi produk unggulan dan unik serta desa menyiapkan pelayanan yang berkaitan dengan kependudukan secara langsung. Sehingga, warga desa tidak perlu lagi jauh-jauh dari Dumoga pergi ke Lolak hanya untuk mengurus KTP, KK, akta lahir dan akta kematian.

“Sedangkan desa-desa lainnya di Bolmong belum berhasil menjadi yang terbaik karena tidak mengupdate data desa serta kurang dalam inovasi,” tandasnya.

Berkaitan dengan lomba desa ini, kedepannya Pj Bupati Bolmong meminta dinas terkait agar memberikan asistensi serta pendampingan. Pemerintah Kabupaten katanya, harus hadir untuk membantu desa-desa lainnya agar siap mengikuti lomba desa ditahun-tahun akan datang. (Ridwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.