Dispertanak Awasi Puluhan Peternak Ayam

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Untuk mengantisipasi mewabahnya virus flu burung, Dinas Perikanan Perikanan Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, melakukan pengawasan terhadap 67 peternak ayam yang ada di Kotamobagu.

“Yah, itu adalah bagian dari tugas dan upaya kami agar unggas-unggas piaraan yang ada di Kotamobagu, bisa sehat dengan terhindar dari virus flu burung,” kata Kepala Bidang Peternakan, Manap Pudul, Senin (17/9/2018).

Terpisah, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veternak (Kesmavet) Sri Anggraini, menambahkan, dalam pengawasan tersebut pihaknya melakukan sosialisasi pada awal atau akhir tahun, setiap ada pendataan peternak unggas di Kotamobagu.

“Jadi kami datangi setiap kandang-kandang ayam yang ada sambil mendata. Kami juga memberikan sosialisasi penerapan biosicuruty, seperti penyemprotan dan kebersihan kandang,” ujar Anggraini.

Anggraini menyebutkan, dari jumlah peternak unggas yang tersebar di empat Kecamatan di Kotamobagu, terdapat 31 peternak ayam petelur mandiri, 20 peternak ayam pedaging, dan 16 peternak ayam pedaging mandiri.

“Peternak ayam petelur, 5 di Kecamatan Kotamobagu Timur dan Kota Selatan ada 26 peternak. Sedangkan peternak ayam pedaging di Kecamatan Kotamobagu Utara ada 7 peternak, Selatan ada 10 peternak, Timur ada 3 peternak. Dan dan untuk peternak ayam daging mandiri terbagi di Kecamatan Kotamobagu Utara 3 peternak, Kota Timur 3 peternak, Kota Selatan 3 peternak dan Kotamobagu Barat 1 peternak,” urai Anggraini.

*Alf/Anto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.