Disperinaker akan Bantu Pekerja yang Dirumahkan untuk Mendapatkan Kartu Prakerja

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) Kotamobagu, akan mengusulkan kartu prakerja secara online kepada 518 pekerja yang dirumahkan akibat wabah Covid-19.

Pademik corona virus disaese (covid-19) ini mengakibatkan 518 pekerja dirumahkan,namun bagi 518 pekerja yang di rumahkan agar jangan berkecil hati,karena pemerintah Kotamobagu melalui Dinas perindustrian dan ketenaga kerjaan, telah mengambil langkah serta kebijakan kepada 518 tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan akibat Pandemi Covid-19.

“Pendaftar secara online di link www.prakerja.go.id. Nantinya yang sudah lolos dalam seleksi prakerja, akan mendapat manfaat dan fasilitas kartu prakerja, dengan pelatihan flatform digital mitra uakni tokopedia dan ruang guru,” ujar Kepala Disperinaker Kotamobagu, Drs Imran Golonda MAP, Rabu (6/5/2020).

Selain itu, peserta akan mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta. “Namun uang Rp 1 juta ini tidak bisa di ambil karena untuk biaya pembelian kursus. Apabila uang tersebut tidak di gunakan maka akan kembali ke kas negara,” terang Imran.

Nantinya, peserta prakerja yang sudah lolos dan mendapatkan sertifikat, akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600 ribu setiap bulan selama 4 bulan.

“Diharapkan yang lolos kartu prakerja adalah yang benar-benar tenaga kerja yang dirumahkan karena dampak Covid 19,” ucap Imran.

Imran meminta, bagi mereka yang mendaftar langsung kartu prakerja secara online dan lolos, maka diminta untuk melapor ke Disperinaker Kotamobagu agar bisa di ketahui dan di pantau jumlah prakerja yang lolos.

Terinformasi, kartu prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya, yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

*Nux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.