Terkait Pelabuhan di Tuntung, Ini Kata Kadis Perhubungan Lynda Watania

0
1161

Manado, Inatonreport.Com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Utara (Sulut) Menerima Kunjungan Wakil Bupati Bolmut dalam rangka koordinasi operasional pelabuhan Tanjung Sidupa Di Desa Tuntung Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Selasa, 09/03/2022.

Diketahui Point-point dalam Kordinasi
Bersama Wakil Bupati Bolmut guna membahas Status pelabuhan dan Menindaklanjuti Permohonan Pemda Bolmut Terkait Usulan kepada Mentri Perhubungan.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas perhubungan Provinsi Sulut Dr. Lynda Watania MM. Msi lewat kabid kelautan stenli saat di konfirmasi oleh Media Inaton Report. Selasa/09/03/2021.

Menurut kepala Dinas Perhubungan provinsi sulut pelabuhan tanjung sidupa berada dalam wilayah Gorut.

“Saat ini pelabuhan Tanjung Sidupa berada dalam Wilayah Kerja Kantor Unit Penyelanggaran Pelabuhan Kwandang di Gorut.

Sebelumnya Sampai dengan tahun 2018, Pelabuhan Tanjung Sidupa berada dalam Wilayah Kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Labuan Uki di Bolmong,

Sesuai dengan hasil pembahasan pada tahun 2020, diupayakan tahun 2021 perubahan dimaksud akan direalisasikan bersamaan dengan Revisi Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN)”. Terang kadis

Lanjutnya kepala Dinas mengunkapkan hasil Kordinasi antara pemda Bolmut dan Dishub sulut Pelabuhan Tanjung sidupa akan menjadi kewenangan Pemda Bolmut.

“Berdasarkan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, pengelolaan Pelabuhan Tanjung Sidupa akan menjadi kewenangan Pemda Bolmut karena statusnya adalah pelabuhan Pengumpan Lokal yang direncanakan akan direalisasikan pada tahun 2021,” jelas Lynda.

Menutup Hal itu Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Lynda Watania. MSi mengatakan Bolmut Segera mempersiapakn diri untuk dioprasionalkan secara optimal.

“Kiranya pemda Bolmut segera mempersiapkan hal-hal terkait pengelolaan pelabuhan tersebut, khususnya kesiapan anggaran, personil dan infrastruktur penunjang lainnya, sehingga pelabuhan Tanjung Sidupa dapat dioperasionalkan secara optimal yang dapat berdampak langsung pada peningkatan perekonomian daerah setempat,” tutup Kadis.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.