Pj Bupati Bolmong : Budidaya Vanili Kembali Diseriusi Pemerintah Daerah

0
196

BOLMONG, Inatonreport.Com – Tanaman vanili (Vanilla planifolia Andrews) merupakan tanaman tahunan yang tergolong dalam jenis tanaman anggrek dari suku (famili) Orchidaceae yang memiliki banyak macam spesies (lebih dari 1500 spesies).

Tanaman ini pada era tahun 1990-an pernah menjadi tanaman primadona petani di Indonesia termasuk Kabupaten Bolaang Mongondow.

Program revitalisasi tanaman vanili digencarkan lagi Pejabat Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodompit.

Pada Minggu (14/8/2022), Penjabat Bupati melakukan penanaman vanili di lokasi perkebunan Desa Otam, Kecamatan Passi Barat.

Beserta Kepala OPD Bolmong dan unsur Forkopimda, Limi juga turut melakukan pemantauan ke kebun vanili milik seorang warga yang berada tak jauh dari tempat tersebut.

Dalam penyampaiannya Limi mengatakan, vanili merupakan salah satu fokus pemerintah Bolmong yang sudah lama. Mengingat tanaman ini sudah jarang terdengar di telinga, maka dari itu pemerintah kembali menseriusi budidaya tanaman ini.

Di kesempatan itu, Bupati Limi juga mengatakan bahwa pemerintah saat ini menjadikan Desa Otam sebagai pilot project desa penakaran tanaman vanili.

“Ini bermaksud agar masyarakat khususnya Desa Otam bukan hanya mendapatkan penghasilan dari hasil panen, akan tetapi juga dari hasil penjualan bibit,” ungkap Limi.

Limi juga menyampaikan dalam waktu dekat, pemerintah akan menghadirkan tenaga penyuluh untuk mengadakan workshop terkait pembudidayaan tanaman vanili.

“Urusan terkait pertanian tentunya pemerintah akan terus mendukung, apapun itu,” terang Limi.

Advertorial

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.