Haris Menjamin Keamanan Vaksin yang Dipakai untuk Imunisasi

0
909

Kotamobagu, inatonreport.com – Imunisasi campak yang berlangsung selama bulan September di Kota Kotamobagu, dijamin keamanannya. Jaminan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Drg Haris Mongilong, pekan lalu.

Menurut Haris, vaksin yang digunakan pada imunisasi campak, adalah vaksin yang sudah melalui pengujian dan dikeluarkan produsen vaksin yang telah direkomendasikan pemerintah.

“Imunisasi penting bagi anak. Jika ada kejadian alergi obat dari anak itu juga merupakan hal baik, karena anak memiliki kemampuan melindungi badannya,” kata Haris.

Pemberian imunisasi campak dilakukan tiga kali. Pertama pada usia 9 bulan, kemudian 18 bulan dan yang terakhir pada anak SD kelas 1-6 .

Pemberian imunisasi bertujuan untuk membangkitkan kekebalan anak terhadap penyakit campak yang sangat menular, dengan menyuntikkan virus hidup yang telah dilemahkan.

Sehingga, Haris mengerangkan, jika anak yang mengalami kenaikan panas tubuh, hal tersebut merupakan kejadian biasa dalam proses imunisasi campak.

Setelah campak, rencananya tahun depan akan dilaksanakan imunisasi rubela.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.