Gelar Workshop Fotografi Dasar, Ini Tips yang Diberikan Disparbud Boltim

Boltim, Ragam, Terkini177 Views

Boltim, Inatonreport.Com – Dinas Pariwisata dan Kebudayan (Disparbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Workshop Fotografi Dasar, di Gedung Pertemuan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Senin (9/4).

Kegiatan tersebut merujuk pada Peraturan Pemerintah (Permen) Nomor 67 Tahun 1996, tentang penyelengaraan keparawisataan. Tujuan workshop ini untuk memberikan pemahaman tentang mekanisme pelatihan fotografi yang baik.

Kepala Dispar Boltim, Risky Lamaluta, yang bertindak sebagai pemateri mengatakan, kemampuan menggunakan kamera digital di era milenial saat ini, sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Sehingga, pihaknya membuat workshop tersebut bagi fotografer profesional maupun kalangan masyarakat umum.

“Pelatihan ini merupakan momen penting. Sebab, tidak bisa dipungkiri, Kabupaten Boltim memiliki potensi yang sangat besar. Terutama di bidang pariwisata yang sekarang ini banyak dilirik oleh wisatawan. Melihat potensi itu, kita memiliki peranan penting terkait dengan destinasi wisata di Boltim,” ujar Rizky.

Sementara, pemateri lainnya, Makarios Soekojo, memaparkan tentang teknik-teknik fotografi secara profesional dan kreatif.

“Fotografi bisa dimengerti lewat pengalaman. Jika belum ada pengalaman, itu tidak akan mengerti,” ucap Makarios.

Makarios menjelaskan, para fotografer bisa menjadi profesional jika mengacu pada  standar kerja. Sedangkan untuk jadi kreatifitas, dibutuhkan perubahan pada sikap.

“Fotografi itu sarat dengan perubahan perilaku. Selama tak memperbaiki sifat diri, prilaku kita tidak berubah. Gambar yang kita ambil di lapangan tidak akan bagus,” kunci Makarios.

Dalam wokshop tersebut, turut hadir unsur SKPD, dan para wartawan Biro Boltim.

*Abdyanto Mokodongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.