2021 Pemkab Bolmong Prioritaskan Sektor Pertanian dan Pariwisata

0
283

Bolmong, Inatonreport.Com – Rancangan APBD Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow tahun anggaran 2021 telah diterima DPRD Bolmong untuk masuk ketahapan selanjutnya, setelah dalam rapat paripurna pembicaraan tingkat I pada Jumat(27/11), seluruh fraksi menerima rancangan yang diajukan Pemkan Bolmong.

Dalam Rancangan APBD 2021, Pemkab Bolmong menitik beratkan pada sektor pertanian dan pariwisata. Dimana, prioritas pembangunan tahun 2021 mengacu pada tema pembangunan “Pemantapan Kontribusi Sektor Pertanian dan Pariwisata terhadap Perekonomian Regional dan Pemerataan Pendapatan Masyarakat.”

Dalam penyampaiannya, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyatakan bahwa tema pembangunan tahun 2021 ini, telah diselaraskan dengan isu dan tema pembangunan nasional dan provinsi.

“Sehingga ekonomi daerah tahun anggaran 2021 nanti, diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur. Serta mengandalkan berbagai potensi unggulan daerah sebagai upayan untuk pemulihan ekonomi nasional akibat dampak dari Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini,” ujar Yasti.

Lebih lanjut sambung Yasti, ada lima sasaran prioritas pembangunan daerah, sebagaimana tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021.

Prioritas yang dimaksud Bupati Bolmong tersebut yaitu :

  1. Penguatan produktivitas pertanian dan produk olahan turunan.
  2. Pengembangan pelaku usaha berbasis pemberdayaan masyarakat desa.
  3. Pengembangan dan pemasaran produk unggulan kabupaten.
  4. Mempermudah akses modal.
  5. Membangun keterpaduan antar wilayah untuk pengembangan pariwisata dan pertanian.

Dilihat dari 5 prioritas pembangunan tersebut ada upaya pemerintah daerah untuk memajukan sektor usaha yang bersentuhan langsung dengan sektor pariwisata. Selain itu, produk pertanian tidak lagi hanya dipasarkan dalam bentuk bahan mentah, namun dalam bentuk produk jadi dan produk olahan termasuk produk turunannya.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.