DMI Boltim Salurkan Bantuan Hewan Kurban

0
1

Boltim, Inatonreport.Com – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menyalurkan bantuan sapi kurban pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (29/7) dan Jumat (30/7).

Ketua DMI Kabupaten Boltim, Samsudin Dama mengatakan, hewan kurban berjumlah 7 ekor itu disalurkan ke sejumlah masjid di Kecamatan Nuangan, wilayah Kecamatan Modayag bersatu dan Kecamatan Kotabunan.

Untuk teknis penyaluran, menurutnya mempertimbangkan asas manfaat. “Teknis pelaksanaan dari DMI ketika meyalurkan bantuan Pemprov Sulut, lebih melihat asas manfaat. Jadi, sebelum menyalurkan bantuan ke masjid-masjid, kami juga berkoordinasi dengan PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Boltim, Pemkab Boltim yang juga meyalurkan bantuan hewan kurban ke masjid-masjid di Boltim, untuk mengecek bantuan yang sudah disalurkan. Jangan sampai bantuan bertumpuk ke satu masjid. Jadi kami berkoordinasi terus,” tutur Dama yang juga dikenal sebagai Ketua PHBI Kabupaten Boltim.

“Ketika dapat bantuan Pemprov, kita atur lagi masjid yang terlalu banyak jumlah kurban, diberikan ke masjid yang kekurangan,” jelas wakil rakyat di DPRD Boltim ini.

Saat melakukan penyerahan hewan kurban, Dama menyebutkan jika itu merupakan bantuan Pemrov Sulut, yang difasilitasi oleh DMI Boltim.

“Bantuan ini berasal dari Pemprov Sulut dan pihak DMI Boltim dipercayakan untuk membantu proses penyaluran. Sebelumnya memang telah ada proposal dari Pemkab Boltim yang masuk ke Pemprov terkait soal hewan kurban ini ke Biro Kesra. Saat penyaluran, Biro Umum yang mengatur melalui CSR (Corporate Social Responsibility) Bank SulutGo,” terang Dama.

“Syukur karena semua hewan kurban sudah tersalur dengan baik. Saudara-saudara di Dewan Masjid yang salurkan. Dokumen lengkap dan jelas, berita acara penyerahan juga dibuat karena kami bertanggungjawab ke pemprov,” tandasnya.

Dama juga menjelaskan, bantuan kurban dari perorangan, perusahaan, lembaga pemerintah maupun swasta, yang disalurkan di Boltim, semua memang didata oleh PHBI dan DMI.

Sementara itu, ucapan terima kasih disampaikan masyarakat ke Pemprov Sulut dan Bank SulutGo, yang telah meyalurkan hewan kurban bagi jamaah di Boltim. Seperti yang diungkapkan Anton Dukalang, Pegawai Sar’i di Masjid Bulawan Dua, Kecamatan Kotabunan.

“Terima kasih banyak untuk Pemprov Sulut dan Bank SulutGo, dari kami masyarakat di Boltim yang telah menerima bantuan,” ucap Dukalang yang juga bentindak sebagai Imam salat Ied dalam rangka Idul Adha di Masjid Bulawan Dua, Jumat (31/7).

*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.