Pemdes Kotsel Promosikan Budidaya Kepiting Bakau

0
43

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Kotabunan Selatan (Kotsel), Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), promosikan budidaya kepiting bakau di kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PKK ke IX tahun 2019, Bertempat di Lapangan Ibantong Desa Togid, Kecamatan Tutuyan.

Sangadi (Kepala Desa) Kotsel, Rengga Paputungan mengatakan, budidaya kepiting bakau telah diprogramkan dan di kelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). ‘”Budidaya ini kami programkan lewat Bumdes Kotsel Jaya, sudah setahun pengelolaannya,’” kata Paputungan, Rabu (16/10/19).

Dia menuturkan, ada tiga penangkaran berlokasi di Hutan Mangrove Kotsel (Luak) yang disiapkan.

“Dua penangkaran sudah selesai, dan 1 dalam tahap perancangan. Jika ketiga penangkaran telah rampung, dua minggu kemudian kita akan mengatur waktu kapan direalisasikan. Semua peralatan pun sudah kami sediakan,” jelasnya.

Sangadi termuda di Boltim ini menambahkan, pihaknya akan budidayakan sebanyak 3000 ekor kepiting dan dibagi ke tiga penangkaran.

‘”Setiap penangkaran kami akan isi 1000 ekor kepiting bakau,” ungkapnya.

“Kami melihat situasi dan area, dimana masyarakat Kotsel banyak yang berprofesi sebagai penangkap kepiting secara manual. Itulah alasan kami kenapa ingin membudidayakan kepiting bakau, kita akan berdayakan masyarakat, sekitar 30 orang yang akan kami pekerjakan nanti,” kunci Paputungan.

*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.