Berkah Monuntul bagi Penjual Lampu Botol

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah atau 2018 Masehi, sejumlah penjual lampu botol mulai ramai ditemui di sejumlah ruas jalan Datoe Binangkang Kelurahan Kotamobagu Kecamatan Kotamobagu Barat, Senin (11/6).

Mereka menjual lampu botol untuk malam pasang lampu atau “Monuntul” yang sudah menjadi tradisi masyarakat Bolaang Mongondow khususnya Kotamobagu untuk menyambut Idul Fitri.

Cornelis Lukas (71) adalah salah satu penjual lampu botol sejak lima tahun belakangan. Menurutnya, moment lebaran ini dapat menambah penghasil lebih dengan menjual lampu botol tersebut.

“Biasanya menjelang lebaran banyak masyarakat yang membelih lampu botol begini yang akan dipasang tiga malam sebelum lebaran. Warga banyak masyarakat lebih memilih membelih dibandingkan membuat sendiri,” ujar Kakek delapan cucu ini.

Dalam satu botol, Lukas menghargainya sebesar Rp2.000. “Saya menjualnya Rp2.000  perbotol, dan empat hari sudah banyak yang terjual. Sangat cukup untuk tambahan penghasilan keluarga,” tutur Lukas.

Menurut Lukas, setiap tahun Ia membuat lampu botol sebanyak 500 lampu. Botol yang dipilih dari jenis minuman berenergi.

“Saya mengumpulkannya dari warung-warung ada juga dari sampah, ada juga yang saya beli dengan harga Rp1.000 hingga mencapai 500 botol. Kemudian dibuat lampu botol dengan menggunakan sumbu,” jelas Lukas.

*RA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.