Staf Ahli Wali Kota Ingatkan Produksi Unggulan Harus Terjamin Keamanannya

0
388

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Pemerintah Kota Kotamobagu bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manado melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Gerakan Keamanan Pangan Desa, Rabu (20/11).

Kegiatan yang berlangsung di Bontean Balai Desa Bilalang I, dibuka langsung Staf Ahli Wali Kota yang juga mantan Sekertaris Daerah Kota Kotamobagu Mustafa Limbalo.

Kegiatan yang dilakukan bersama lintas sektor ini, diharapkan jangan hanya berlangsung sekali, katanya. Kegiatan monitoring ini harus dilakukan berulang kali agar terasa manfaatnya.

Lebih lanjut katanya,” Gerakan Keamanan Pangan Desa merupakan suatu program yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan.

“Sehingga masyarakat nantinya dapat melakukan pengawasan keamanan pangan dengan mandiri. Pengawasan tersebut dilakukan hingga ke tingkat perorangan, ujarnya.

“Keamanan pangan menjadi faktor yang penting harus diawasi sejak dari bahan baku, pengolahan sampai pada pendistribusiannya,” tambahnya.

Pengawasan tidak hanya pada makanan olahan yang dijual seperti kue dibeberapa tempat yang telah dikenal masyarakat. Tapi juga perlu dilakukan terhadap produk-produk unggulan Kotamobagu yang telah dikenal seperti kopi, dan produk lainnya. Apalagi katanya, produk-produk unggulan tersebut sangat gencar dipromosikan pemerintah kota.

Sementara itu hal senada disampaikan, Kepala BPOM Manado Dra Sandra M.P Lintin Apt M.Kes. Dia mengatakan, program GKP merupakan satu gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman. Hal ini juga, lanjut dia, menginisiasi agar dapat menerapkan keamanan pangan yang baik.

Katanya, tujuan monitoring ini adalah Tahap awal BPOM untuk menginisisi saja.

“Ada tiga desa kami pilih sebagai pilot projek yang nantinya diharapkan bisa di teruskan ke desa kelurahan masing- masing,” ujarnya.

Gerakan Keamanan Pangan Desa telah dilaksanakan selama beberapa bulan. Kali ini dilakukan monitoring sekaligus evaluasi dari kegiatan GKP yang telah dilaksanakan tersebut.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.