Usaha Bengkel Las Ini Serap Puluhan Pekerja

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Usaha perbengkelan di Kota Kotamobagu mulai menyebar. Tak hanya perbengkelan onderdil kendaraan, tetapi banyak industri yang justru mengarah dibidang welding atau bengkel las.

Seperti Bengkel Las Duta Karya Indah yang terletak di Kelurahan Mongkonai Kecamatan Kotamobagu Barat. Bengkel tersebut dikelolah oleh Abdul R Gobel, yang dulunya pernah mengajar teknik mesin di salah satu sekolah kejuruan di Kotamobagu.

Yang menarik, para pekerja dibengkel tersebut adalah mantan siswanya, serta ada juga siswa yang masih dalam proses belajar dibidang perbengkelan las atau siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Menurutnya, bengkel tersebut merupakan wadah dimana untuk mengembangkan potensi diri serta mampu menekan angka pengangguran di Kotamobagu.

“Para siswa di sini melatih diri dalam meningkatkan keterampilan untuk menyelesaikan pekerjaannya sekaligus diberikan upah kerja. Selain itu ada juga pemuda yang putus sekolah bisa bekerja disini,” jelas Abdul, Senin (13/8/2018).

Dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mendirikan bengkel praktek kerja tersebut, kata Gobel, sudah banyak pemuda yang mandiri dengan membuka industri sendiri dimana sebelumnya mereka adalah mantan pekerja disini.

“Ini merupakan satu kebanggaan buat saya. Mereka belajar disini kemudian jika sudah mahir mereka dibantu untuk membukan bengkel las secaran mandiri, sehingga banyak juga pemuda yang mendapatkan pekerjaan lewan bengkel las ini,” jelas Abdul.

Abdul mengatakan, di bengkel miliknya, anak putus sekolah juga diberi kesempatan untuk dapat belajar dan bisa melakukan pekerjaan dibidang industri welding (las).

“Dan sudah memasuki sepuluh tahun, sudah melahirkan beberapa tenaga welding (las) yang sudah bekerja di beberapa perusahaan dalam dan luar negeri termasuk di Jepang,” ungkap Abdul.

Menurut Abdyl, di bengkel prakteknya ini, disamping melatih skill sekaligus diterapkan juga disiplin waktu dalam bekerja.

“Disiplin waktu diterapkan guna peningkatan etos kerja agar menjadi tenaga yang terampil,” terang Abdul.

*RA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.