SMAN 3 Kotamobagu Wakili Sulut Ikut Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

0
78

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Dalam waktu yang hampir bersamaan Kota Kotamobagu mewakili Sulawesi Utara ikut ajang tingkat nasional. Selain mengikuti Lomba Puskesmas Berprestasi, Kota Kotamobagu juga mewakili Sulut pada Lomba Sekolah Sehat.

Kali ini SMA Negeri 3 Kotamobagu terpilih sebagai utusan provinsi. Ditemui di kantornya, Selasa(25/6), Apek.D.M, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Penanganan Penyakit (P2P) menerangkan berbagai kesiapan yang telah dilakukan. Mulai dari penyiapan kantin sehat, pendidikan kesehatan, literasi kesehatan sampai pada penanganan sampah.

“Penanganan sampah, Dinkes bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu terutama pengolahan kompis,” kata Apek.

Lomba kali ini agak berbeda dengan lomba-lomba sebelumnya. Sekarang lomba sudah lebih spesifik dibanding tahun lalu.

Ada dua kategori yang dinilai. Pertama Best Performance, kedua Best Achievement (pencapaian terbaik), ujarnya.

Best Performance berkaitan dengan dukungan dari Tim Pembina dan lintas sektor termasuk kesiapan sekolah itu sendiri. Adapun, Best Achievement menyangkut sarana dan prasarana yang tersedia, terang dia.

Lebih lanjut, kata Apek, penilaian LSS bertujuan untuk menilai prestasi sekolah dalam melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Aspek yang menjadi penilaian dalam lomba ini, katanya, tidak hanya pada kinerja sekolah tetapi juga mempertimbangkan peran serta tim usaha pembina usaha kesehatan sekolah, upaya sekolah, dan peserta didik dalam mewujudkan budaya perilaku hidup bersih dan sehat serta program-program usaha kesehatan sekolah.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.