SMK Cokroaminoto Kembangkan Mobil Listrik Tenaga Surya

0
101

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Siswa SMK Cokroaminoto Kotamobagu kembangkan mobil listrik tenaga surya. Perkitan mobil baru mulai dilaksanakan pada awal November 2019 ini.

Menurut Kepala Sekolah Aria Sukma Mala, Senin(4/11), perakitan akan memakan waktu sebulan lamanya. “Disignnya sudah ada, tinggal perakitan,” katanya.

Katanya, anggaran untuk menyelesaikan satu unit mobil listrik sebesar Rp 40 juta. “Proposalnya sudah disetujui dengan menggunakan pos anggaran yang berasal dari dana BOS,” ucapnya.

Lebih lanjut katanya, perakitan dilakukan oleh siswa kelas 11. Mereka yang terbaik dibidangnya membentuk tim dibantu tenaga pengajar.

Pada kesempatan melihat langsung proses perakitan, Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan mengapresiasi kerja para siswa tersebut. “Ini merupakan lompatan-lompatan yang dilakukan SMK Cokroaminoto dalam pengembangan teknologi,” katanya.

Upaya seperti ini perlu mendapat perhatian pemerintah sekaligus mendukung pengembangan teknologi mobil listrik. Hanya butuh waktu yang tidak terlalu lama, katanya, belum satu generasi, anak-anak kita sudah bisa membuat mobil listrik sendiri.

Mobil listrik nantinya, kata Sukma Mala, akan menggunakan dua panel solar cell. Satu panel dapat dilipat. Dengan kekuatan daya tahan baterai selama tiga jam. Namun, itu baru perkiraan, belum diuji coba, terangnya.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.