Pangdam XIII Pimpin Upacara HJK 2018

0
280

Manado, Inatonreport.Com – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang Pimpin Upacara Hari Juang Kartika (TNI AD) yang berlangsung di Lapangan Makodam XIII/Merdeka, Sabtu(15/12/2018).

Hadir dalam kesempatan ini Kapolda Sulut; Danlanud Sri; Perwakilan Lantamal VIII/Manado; Kasdam XIII/Mdk; Danrem 131/Santiago; Irdam XIII/Merdeka; Kapok Sahli Pangdam XIII/Merdeka;
Danrindam, para Asisten, Dan/Ka Balak Dam XIII/Merdeka serta LO AL dan LO AU;
Para Komandan Satuan jajaran.

Dalam sambutan Kasad yang dibacakan oleh Pangdam mengatakan bahwa Hari Juang Kartika tahun 2018 ini dengan tema : “TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat” sangat tepat merepresentasikan komitmen prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

“Torehan tinta emas peristiwa Palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan kolonial Belanda” kata Kasad.

Lebih lanjut Kasad mengatakan bahwa Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan, serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kasad juga menekankan, selaku generasi penerus, kita wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat tersebut sebagai pendorong pengabdian kita dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks serta dinamis.

“Saya mengajak agar momentum peringatan Hari Juang Kartika kita manfaatkan untuk melakukan introspeksi serta koreksi diri dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama guna mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional,” tuturnya dari Jenderal TNI Andika Perkasa.

Setelah pelaksanaan Upacara HJK di lanjutkan kegiatan penandatanganan Pakta Integritas Kodam XIII/Mdk yang dilakukan oleh seluruh Komandan dan Kepala Satuan kerja (Kasatker) Jajaran Kodam XIII Merdeka.

Menjawab pertanyaan media, Pangdam XIII/Mdk menyampaikan bahwa masalah korupsi sesuai petunjuk, Kodam XIII Mdk akan bebas korupsi.

“Semua yang di bawah Komando saya, termasuk saya untuk mewujudkan bebas dari korupsi dan mempertahankan apa yang telah dilaksanakan selama ini,” kata Pangdam XIII /Mdk.

Dalam menjawab pertanyaan wartawan tentang rekrutmen prajurit, Mayjen TNI Tiopan Aritonang mengatakan Bahwa Kodam XIII Merdeka akan melaksanakan dengan sebaik-baiknya tanpa ada KKN.

“Bila ada calon prajurit yang lolos dalam seleksi, maka yakinlah itu berdasarkan kemampuan yang bersangkutan serta kehendak Tuhan Yang Maha Esa, ini merupakan komitmen zona integritas kita” demikian kata Pangdam XIII Merdeka.

Setelah pelaksanaan upacara HJK dan penandatanganan pakta integritas, Pangdam XIII Mdk meninjau bakti sosial yang diselenggarakan oleh Kesdam XIII/Mdk diantaranya Pengobatan Umum, Khitanan Massal, Donor Darah.

Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan Nasi tumpeng yang diserahkan kepada Prajurit Berprestasi diantaranya Lettu Inf Denny Mentu Wadandenma Rindam XIII/Merdeka berhasil meraih juara II perorangan pada kejuaraan Lomba tembak AARM k2-27 di Singapura TA 2017, Serda Muh Hikmah Fajar Ba Denmadam XIII/Merdeka berhasil meraih juara III kelas -67 kg putra pada kejuaraan Karate Piala Panglima TNI TA 2018, Serda P MAcpal Danru 2 Ton Slt Kiban Yonif R 712/Wt Dam XIII/Merdeka berhasil meraih medali emas lomba tembak piala Kasad TA 2018 kategori penembak runduk perorangan, Serda (K) Brygta Prislia SImanjuntak Baidikpidmilu Pomdam XIII/Merdeka meraih juara 3 kelas +65 kg putri pada kejurnas yong moo do Kasad CUP ke 8 TA 2018, Serda (K) MAimunah Balahdatatop silahdatatop Topdam XIII/Merdeka meraih juara 3 kelas 60 kg putri pada kejurnas yong moo do Kasad CUP ke 8 TA 2018, Serda (K) Ayu Nur Nadiyah B Ba Pomdam XIII/Merdeka meraih juara 3 pada kejurnas yong moo do Kasad CUP ke 8 TA 2018.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.