Ini yang Disampaikan Wabup Bolsel pada Paripurna LKPJ 2018

0
63

Bolsel, Inatonreport.Com – Wakil Bupati Bolsel, Deddy Abdul Hamid, menghadiri Rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Bolsel tahun anggaran 2018.

Paripurna LKPJ dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Abdi Van Gobel bersama Wakil Ketua dan anggota DPRD Bolsel, di gedung DPRD Bolsel, kompleks perkantoran Panango, Selasa (30/2019).

Dalam sambutan Bupati Bolsel, yang dibacakan Wabub Deddy Abdul Hamid, disampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bolsel sejak tahun 2015 terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Tahun 2017 perekonomian Bolsel tumbuh sebesar 6,25 persen, pertumbuhan ini lebih cepat dibandingkan tahun 2016 sebesar 6,14 persen, dan tahun 2015 sebesar 5,96 persen, “ ungkap Deddy.

Beberapa indikator yang masuk kategori tipe A, lanjut Deddy, diantaranya yaitu pertanian, kehutanan, dan perikanan yang terus mengalami pertumbuhan lebih cepat di tahun 2017.

“Pertumbuhan ini masih lebih besar 1,18 persen, jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya sebesar 5,07 persen dan hanya selisih 0,07 persen dari pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara sebesar 6,32 persen,” terang Deddy.

Deddy meminta agar semua pihak dapat meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), seperti mengenjot pendapatan pajak daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan pendapatan lainnya.

“Mari kita bersama-sama terus mengoptimalkan pemanfaatan sumber PAD yang sudah ada, serta menggali potensi sumber PAD lainnya, serta memotivasi masyarakat agar dapat mengelola sumber daya yang dimiliki, dalam bentuk Badan Usaha Milik Desa yang dipelopori oleh masyarakat desa, “ tutup Deddy.

Dalam rapat paripurna tersebut, masing-masing Fraksi DPRD Bolsel menyetujui, dan menerima LKPJ Bupati, untuk dibahas ketahapan selanjutnya.

Hadir dalam paripurna, 11 anggota DPRD, pejabat esselon II,III dan IV, asisten, para kepala SKPD, camat, Forkopimda, dan kepala desa se-Kabupaten Bolsel.

*blm/her

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.