Hanura Minta Pemkab Boltim Pangkas Anggaran Untuk Honorer yang Tak Produktif

0
839

Tutuyan, inatonreport.com –  Fraksi Partai Hanura dalam pandangan umumnya menyepakati  penyampaian KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2017  yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jumat (11/11) sebelum dilakukan pembahasan di tingkat selanjutnya.

Fraksi Hanura menegaskan, Pemkab Boltim menghentikan anggaran untuk membiayai  honor yang dianggap tidak memiliki keahlian secara tehnik. Hal itu disinyalir akan membebani APBD sebesar Rp16 miliar di tahun ini.

Menyikapi wacana Fraksi Hanura, Bupati Sehan Salim Landjar saat di wawancarai seusai pelaksanaan rapat pembahasan tak menampik jika jumlah tenaga honor di wilayahnya cukup besar. “Memang jumlahnya lebih dari setengah dari jumlah PNS. Karna dari perhitungan saya di tahun 2017 anggaran untuk honor akan mencapai 20 miliar lebih,” ucapnya.

Maka, tahun depan pemerintah akan memperkuat pemberdayan di desa termasuk dgn keuangannya, agar ketika terjadi pengurangan tenaga honor,  dengan industri rumahan yang akan di kelola  untuk menopang perekonomian mereka yang terkena dampak penguranan honorer,”tutur Sehan.

Diketahui, jumlah honor di Boltim  memang cukup besar, sekitar 1300 lebih dibandingkan dengan PNS yang berjumlah 2.038 orang. Tox

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.