10 Penyakit Miss V ini Ancaman untuk Wanita, Apa Saja?

0
1065
ilustrasi (f;vaginasehat66.blogspot.com)

Dengan kesibukan yang bertumpuk, tak jarang wanita melupakan kewajiban merawat organ kewanitaannya.Dilansir dari merdeka.co.id, Senin (26/12), berikut adalah penyakit-penyakit yang bisa menghantui kesehatan vagina.

Benjolan
Benjolan bisa muncul di sekitar area vagina. Namun kamu tidak perlu khawatir sebab ini hanyalah sebuah kelenjar yang tersumbat dan bisa kamu obati dengan air hangat. Namun jika benjolan ini terasa sakit atau nyeri, maka periksakan ke dokter.

Kanker kulit
Hal ini mungkin terdengar aneh. Namun kulit di area vagina juga bisa terkena kanker.

Varises
Beberapa wanita bisa mengalami varises di sekitar vulva. Varises ini umum terjadi pada wanita hamil atau mereka yang sering berdiri dalam waktu lama.

Tersumbatnya folikel rambut
Wanita bisa mengalami tersumbatnya folikel rambut di area vagina yang ditandai dengan benjolan kemerahan. Biasanya folikel ini terjadi jika kamu mencukur rambut kemaluan atau memakai pakaian dalam yang tidak nyaman.

Vagina kering
Vagina juga bisa mengalami kekeringan yang terjadi akibat ketidakseimbangan hormonal, konsumsi obat-obatan, chemotheray, dam stres. Ubah pola hidupmu untuk menyingkirkan gangguan ini.

Keputihan
Keputihan terjadi ketika ada pertumbuhan bakteri di vagina. Bakteri ini bisa muncul karena kamu kurang menjaga kebersihan vagina atau saat adanya ketidakseimbangan pH dalam tubuh.

Pendarahan
Jika kamu mengalami pendarahan padahal kamu sedang tidak menstruasi, berhati-hatilah. Sebab ini bisa jadi tanda dari infeksi vagina atau gejala dari kanker serviks.

Lecet
Saat kamu mendapati bahwa area vaginamu sedang lecet, segera periksakan ke dokter. Lecetnya vagina bisa disebabkan oleh HPV.

Gatal
vagina yang terasa gatal disebabkan oleh infeksi jamur dan ragi. Selain itu vagina gatal terjadi akibat keseimbangan pH terganggu, konsumsi antibiotik, diabetes, serta mengenakan pakaian dalam yang lembab dalam waktu lama.

Nyeri vagina
Nyeri vagina yang parah, khusus jika terjadi saat berhubungan seksual bisa menjadi sangat berbahaya sebab bisa jadi itu adalah tanda infeksi atau endometriosis. Ketika rasa sakit ini terus berlanjut, maka segera hubungi dokter.

Jika anda mengalami salah satu dari gejala di atas? Segera lakukan pengobatan yang tepat sebelum menjadi parah. Mdk/her

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.