Bermodalkan Wajah Tampan, Pilot Gadungan Tipu & Pacari 50 Pramugari

0
1482
pilot gadungan. (f: merdeka.com)

Sosoknya ganteng dengan tubuh atletis. Di sosial media, dipasangnya foto-foto dengan seragam pilot. Wanita mana yang tidak tertarik. Namun, cerminan rupa kadang tak selaras dengan perilaku. Seperti yang dilakukan Ridho Ruslan, pilot gadungan yang ditangkap Polsek Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, ternyata telah menipu sekitar 50 pramugari dari berbagai maskapai. Total uang yang telah dia raup dari penipuan tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

Kapolsek Kelapa Dua Kompol Zainal Azhab mengatakan, pelaku pernah ditangkap oleh Polres Bandara Soekarno Hatta karena menipu puluhan pramugari. Kebanyakan korban adalah pramugari yang bekerja di maskapai yang ada di Bandara Soekarno Hatta, seperti dilansir dari laman merdeka.com, Senin (2/1).

“Data dari Polres itu totalnya 50 pramugari,” ujar Kompol Zainal, Minggu (1/1)

Modus pelaku melakukan aksinya dengan menyamar sebagai pilot untuk menarik perhatian korban. Kemudian pelaku memacari dan memorotinya.

“Jadi pelaku bilang sedang off kerja, mau ketemu tapi pinjam uang dulu kepada korban. Namun setelah mendapatkan uangnya, pelaku langsung menghilang, mengganti nama dan nomor ponsel-nya,” kata Zainal.

Zainal menambahkan, total kerugian uang dari 50 korban diperkirakan mencapai Rp 150-200 juta.

Pihaknya sendiri agak kesulitan mengungkapnya, karena korban mentransfer uang lewat rekening atas dasar kepercayaan. “Ada yang transfer Rp1 juta sampai Rp 5 juta,” katanya. Saat ini belum ada korban pramugari yang dimintai keterangan sebagai saksi. Namun, kata dia, sudah ada salah satu korban yang membenarkan pernah ditipu pelaku.

“Kita akan coba cari semua korban yang pernah ditipu untuk mengembangkan kasus ini,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang wanita berinisial PB bersyukur kalau akhirnya sang pria tampan itu ditangkap. Dalam akun Facebooknya dia mengatakan, pernah juga menjadi korban pria yang menjadi customernya itu.

“Astaga. Namanya Mr R, pernah jadi sebagai pembeli mobil Honda CRV 2013 (tapi bermasalah) Sekarang dipublish karena nyolong HP? Oh my,” tuturnya.
“Dia pernah menjadi customer eike, orangnya bermasalah. Bahkan dia banyak dicariin orang.

Akhir Petualangan ‘Pilot Oplosan’
kelakuan Rido Roeslan, alias Andre Saputra, alias Brahmana alias Rizki Ravael. Tak tanggung-tanggung, Rido pun sukses menipu para pramugari. Dengan kata-kata manis, dia pun membuai para pramugari dari berbagai maskapai itu hingga mau dipacari.

Setelah itu barulah Rido menjalankan aksinya. Dia mengaku sedang off atau tidak terbang. Rido minta ditransfer uang dari pacar-pacarnya itu. Jumlahnya bervariasi, rata-rata Rp 1 juta sampai Rp 5 juta per orang.

Setelah dapat uang, pria berusia 28 tahun itu langsung menghilang. Dia mengganti nama dan nomor ponsel-nya

Kapolsek Kelapa Dua Kompol Zainal Azhab mengatakan, Rido pernah ditangkap oleh Polres Bandara Soekarno Hatta karena menipu puluhan pramugari. Kebanyakan korban adalah pramugari yang bekerja di maskapai yang ada di Bandara Soekarno Hatta.

“Data dari Polres itu totalnya 50 pramugari,” ujar Kompol Zainal, Minggu (1/1)

Zainal menambahkan, total kerugian uang dari 50 korban diperkirakan mencapai Rp 150-200 juta. Pihaknya sendiri agak kesulitan mengungkapnya, karena korban mentransfer uang lewat rekening atas dasar kepercayaan.

Saat ini belum ada korban pramugari yang dimintai keterangan sebagai saksi. Namun, kata dia, sudah ada salah satu korban yang membenarkan pernah ditipu pelaku.

Kini kembali Rido harus berurusan dengan hukum. ‘Pilot Oplosan’ itu ketahuan mencuri iPhone 6 di Super Mal Karawaci, Tangerang. Dia tak bisa berkelit lagi karena aksinya terekam CCTV. Saat Rido ditangkap, banyak yang tak percaya cowok ganteng itu seorang penipu dan pencuri. Apalagi kaum hawa.

Memang banyak yang tak menyangka, termasuk juga penjaga toko ponsel milik Hong Seng. Namun, aksi pencurian yang dilakukan tersangka terekam CCTV di toko itu,” ujar Kompol Zainal Ahzab 30 Desember lalu.

Aksi Rido berawal saat mengaku kepada penjaga toko tersebut bahwa dia sudah bosan dengan ponsel yang dia miliki saat ini. Dia mengaku akan menggantinya dengan membeli yang baru di toko itu. Tawar menawar pun terjadi. Namun, tak lama kemudian Rido berkeluh kesah dengan batterai ponselnya yang sudah dalam keadaan nyaris habis.

Saat sang penjaga toko mengizinkan dia masuk ke dalam toko untuk menchager ponselnya, Rido memperhatikan sang penjaga toko. Begitu lengah, kesempatan itu langsung dimanfaatkan Rido untuk mengambil iphone 6 plus 128 GB yang ada di etalase.

“Keesokan harinya pelapor mengecek CCTV dan melihat dalam rekaman CCTV, ternyata dicuri customer. Dalam rekaman itu pelaku tertangkap kamera pengintai memasukkan tangan kiri ke dalam etalase,” kata polisi.

Pemilik toko akhirnya melapor ke Polsek Kelapa Dua. Setelah dilacak wajah Rido, ternyata banyak yang mengenalinya. Polisi pun dengan mudah menangkap pelaku di kawasan RS Siloam, Karawaci.

Tetapi, Rido berkelit. Petugas kemudian mencari profile Rido yang diketahui pernah berfoto selfie menggunakan atribut pakaian pilot. Dan terungkap sepak terjangnya setelah membuka situs infopenerbang.com. Rido yang mengaku sebagai pilot itu sudah sering menipu sejumlah awak kabin pesawat, terutama wanita.

Untuk itu, Kapolsek mempersilahkan warga yang merasa pernah mengenal dan berurusan dengan pelaku untuk mendatangi Mapolsek Kelapa Dua.

“Silahkan saja datang ke Polsek Kelapa Dua jika ada merasa menjadi korban penipuan yang dilakukan pilot oplosan ini,” tuntasnya.mdk/her

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.