Pengangguran di Gaji, Negara-negara Ini Bagaikan Surga

0
1532
ilustrasi. @merdeka.com

Tak bekerja tapi di gaji. Siapa yang tidak mau? Sesuatu yang dianggap sangat mustahil tersebut rupanya memang ada di berbagai negara.
Berikut ulasan negara-negara surganya pengangguran seperti dilansir dari merdeka.com.
1.Arab Saudi
Dengan kekayaan alam berupa minyak, dan juga penghasilan tambahan dari situs keagamaan, Arab Saudi boleh dibilang salah satu negara kaya di dunia. Karenanya, Negeri Petro Dolar ini bisa memberikan tunjangan kepada para pengangguran.

Tunjangan ini berlaku sejak 2012. Pemerintah menggelontorkan uang tunjangan pada masing-masing pengangguran sebanyak Rp 4,8 juta.

Sistem pembagian uang ini sama seperti gaji, dibayarkan per bulan.

2.Irlandia
Di negara-negara Eropa rata-rata memang memberikan tunjangan bagi pengangguran. Namun, di Irlandia seorang pengangguran bisa mengklaim uang tunjangannya tanpa syarat.

Jumlah tunjangan yang diberikan mungkin dianggap tidak besar. Namun, uang tersebut bisa untuk menghidupi diri sendiri.

Per bulannya, para pengangguran akan mendapat uang tunjangan sekitar Rp 3 juta hingga Rp 12 juta. Tunjangan ini tak hanya untuk diri sendiri, bagi mereka yang punya anak, pemerintah akan menambahkan uang tunjangan hingga 2 juta.

3.Swedia
Mungkin karena sudah terlalu makmur, Swedia merencanakan akan menggulirkan sebuah aturan unik yang bikin orang-orang sedunia iri. Pemerintah negara ini konon bakal memberikan tunjangan kepada semua rakyatnya.

Baik yang pengangguran atau pun yang tidak akan kebagian uang tunjangan. Tak tanggung-tanggung, negara ini memberikan uang yang cukup banyak bagi warganya.

Pemerintah Swedia bisa memberikan uang sekitar Rp 33 juta per bulan kepada masing-masing penduduk dewasa. Sementara untuk anak-anak, akan diberikan uang sebesar Rp 1,9 juta per minggunya.

Uang tunjangan ini berasal dari pajak dan juga asuransi sosial.

4.Inggris
Pengangguran di Inggris juga mendapatkan tunjangan. Walau pun tak besar, namun tunjangan ini diberikan setiap pekan.

Tiap minggu, pengangguran di Inggris memperoleh uang tunjangan sebesar Rp 1,3 juta. Tak hanya untuk orang dewasa, tunjangan tersebut juga diberikan untuk anak-anak walaupun jumlahnya sedikit.

Tak hanya tunjangan, pemerintah Inggris juga akan membantu pengangguran mendapatkan rumah. Namun, untuk hal ini diberlakukan syarat tertentu.

5.Finlandia
Finlandia menjadi negara di Eropa pertama yang memberi gaji pokok bulanan sebesar Rp 7,8 juta bagi para pengangguran.

Kebijakan ini disebut sebagai cara pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Pejabat pemerintah dari Dinas Sosial Olli Kangas kemarin mengatakan kebijakan itu akan dicoba diterapkan selama dua tahun kepada 2.000 pengangguran yang dipilih secara acak. Kebijakan ini akan mulai diterapkan sejak 1 Januari tahun ini.

Mereka yang menerima dana bantuan pemerintah itu tidak diminta untuk melaporkan untuk apa saja uang itu mereka belanjakan.

Menurut data resmi pemerintah, pendapatan rata-rata para pekerja sektor swasta di Finlandia adalah Rp 48 juta per bulan.

Kangas mengatakan kebijakan pemerintah ini untuk mengurangi sejumlah masalah yang dialami para pengangguran. Dengan kebijakan ini diharapkan orang-orang tidak perlu berkecil hati lagi jika kehilangan pekerjaan. Meski begitu Kangas menuturkan para pengangguran yang sudah mendapat pekerjaan pun akan tetap menerima dana bantuan pemerintah sebesar Rp 7,8 juta per bulan.mdk/her

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.