Tradisi Adat Hiasi Pisah Sambut Lurah Genggulang

0
1367

Kotamobagu, inatonreport.com-Prosesi adat mewarnai pisah sambut lurah Genggulang, Sabtu (14/1), yang digelar di da tempat yakni Kantor Kelurahan Genggulang dan Lapangan Genggulang. Tety O Mokoginta yang sudah dua pekan menjabat sebagai Lurah Genggulang yang baru menggantikan Samsul H Lasena.

Meski prosesi adat ini termasuk sudah sejak lama dilakukan dalam berbagai kegiatan, namun untuk penyambutan lurah baru dan mengantar lurah lama baru kali ini dilaksanakan.

Prosesi pisah sambut Lurah Genggulang. (f:inatonreport.com/ridwan kalauw)
Prosesi pisah sambut Lurah Genggulang. (f:inatonreport.com/ridwan kalauw)

Menurut ketua LPM Kelurahan Genggulang, Sair Lentang, yang juga Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotamobagu, pergantian lurah merupakan hal yang biasa. Namun, prosesi adat yang dilaksanakan kali ini merupakan hal yang baru. “Tidak seperti tahun-tahun yang lalu,”tandasnya.

Bahkan, lurah lama Samsul Lasena merasa tersanjung dengan tradisi baru ini. “Saya merasa terkejut karena diundang secara lisan di rumah,” kata Samsul.

Ia pun menyampaikan bayak terima kasih atas dukungan warga Genggulang serta aparat kelurahan selama menjabat sebagai lurah.

Senada juga disampaikan Camat Kotamobagu Utara Anhar Pasambuna. Ia menegaskan, tanpa kerjasama antara lurah dan masyarakat maka program pemerintah tidak akan jalan. wan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.