Basarnas Bakal Bangun Posko di Kotamobagu

0
1009
Basarnas bresama BPBD Kotamobagu. (f:inatonreport.com/ridwan kalauw)

Kotamobagu, inatonreport.com – Badan SAR Nasional (Basarnas) berniat membangun posko penanggulangan bencana untuk Bolaang Mongondow Raya (BMR) di Kota Kotamobagu.

“Rencana ini telah disampaikan kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu Ir Gulimat Mokoginta,” kata Togap Simanjuntak SPt, Selasa (21/2) pukul 09.30 wita, di Kantor Wali Kota Kotamobagu, Jl Ahmad Yani.

Pilihan jatuh pada Kota Kotamobagu, karena Kotamobagu memiliki posisi ditengah, sehingga akses ke daerah lain di BMR lebih cepat.

“Saat ini, kita sedang mencari tempat pendirian posko Basarnas tersebut. Tempatnya belum ada, sedang dicari kira-kira dimana yang tepat,” ujar Togap.

“Bila tempatnya sudah tersedia, kemungkinan tim dari Basarnas akan meninjau sendiri lokasinya. Direncanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama, lokasi posko sudah ada,” lanjut Togap.

Bolaang Mongondow Raya termasuk daerah yang rentan terjadinya musibah bencana alam. Selain tanah longsor, banjir dan puting beliung juga kerap terjadi.

Bahkan, peristiwa orang hilang terbawa arus sungai dan hilang di laut telah berulang kali terjadi. Tindakan gerak cepat dari unit reaksi cepat Basarnas sangat diperlukan dalam hal ini. Dengan dibangunnya posko, ikut mengurangi beban BPBD.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.