Tahun Ini, Sekolah di Kotamobagu Tak Gelar UNBK

0
999

Kotamobagu-Tak adanya persiapan serta perangkat penunjang yang memadai, memaksa sekolah di Kotamobagu tak melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal tersebut berdasarkan penuturan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Rastono Sumardi, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/2).

Rastono mengungkapkan, belum tersedianya perlengkapan penunjang bagi sekolah menjadi faktor utama tak diselenggarakannya UNBK.

“Memang ketersediaan unit komputer di sekolah belum memadai untuk menggelar UNBK. Selain itu belum lagi jaringan internetnya,” ucap Rastono.

Selai itu, lanjut Rastono, kurangnya pengetahuan Informasi Teknologi (IT) sebagian siswa dan guru juga menjadi kendala tak terlaksananya UNBK. Padalah, pihaknya pernah memberikan latihan di beberapa sekolah tentang penggunaan perangkat komputer.

Baca juga: “PR” Buat Disdik, SMPN 1 Kotamobagu Tolak UNBK Karena Minim Fasilitas

“Kami pernah memberikan pelatihan pengoperasian komputer di beberapa sekolah. Tapi repotnya yang bersangkutan tak mau belajar,” terang Rastono.

Namun, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar di tahun 2018 sekolah di Kotamobagu bisa menyelenggarakan UNBK secara total.

“Memang kali ini belum bisa, tapi kami akan berusaha tahun depan semua sudah bisa melaksanakan UNBK secara maksimal,” pungkas Rastono.

*H. Setiawan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.