PKK Boltim Wakili Sulut ke Tingkat Nasional

0
1189
Ketua TP-PKK Boltim Nursiwin Dunggio saat menyerahkan bantuan untuk warga Desa Moyongkota Baru.

BOLTIM, inatonreport.com – Tim Penggerak (TP) PKK Desa Moyongkota Baru Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltm), secara mengejutkan menjadi perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut )dalam lomba Hatinya PKK tingkat Nasional.

Untuk itu, tim verifikasi tingkat nasional bersama tim dari provinsi, Kamis (16/03) terjun langsung ke lokasi untuk melakukan penilaian.

Kedatangan tim verifikasi tersebut, dijemput langsung oleh Ketua TP-PKK Boltim Nursiwin Dunggio. Adapun pokok yang menjadi penilaian meliputi aspek realisasi PHBS, LBS serta berbagai aspek lainnya.

Selain itu, tim verifikasi juga menilai pemanfaatan pekarangan rumah warga menjadi lahan tanaman rempah dan sayuran. Pengolahan kebun desa harus memenuhi unsur kebutuhan tanaman pokok dapur seperti cabai, bawang, sayur, tomat, serta tanaman lainnya . Dalam penilainnya, tim verifikasi mengambil sampel di sejumlah titik secara acak.

Dikesempatan tersebut, Nursiwin Dunggio yang akrab disapa Umi ini memberikan apresiasi kepada Desa Moyongkota Baru atas prestasi yang telah dicapai. Ia berharap, semoga penilaian tersebut berdampak positif dan mengantarkan  Desa Moyongkota Baru meraih juara di tingkat nasional.

“Ini merupakan prestasi luar biasa. Semua adalah hasil kerja keras kita selaku TP-PKK Boltim lebih khusus untuk PKK Desa Moyongkota Baru,” kata Umi.

Sementara, Sangadi Moyongkota Baru, Husain Embo, ketika diwawancarai di lokasi kegiatan mengaku bangga kepada seluruh masyarakat Moyongkota Baru. Menurutnya hasil yang telah dicapai tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa, PKK dan semua masyarakat.

“Bersyukur karena kami telah melangkah sejauh ini hingga menjadi perwakilan Provinsi. Ini berkat kesadaran dan kerjasama antara masyatakat, PKK Desa dan Pemerintah Desa. Tentunya dikoordinir langsung oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten,” ujar Husain.

Ia juga menjelaskan, khusus di Kecamatan Modayag Barat, Desa Moyongkota baru menjadikan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai ikon desa.

Terinformasi, pada kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Boltim, memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu di Desa Moyongkota Baru. Bantuan tersebut berupa pakaian seragam anak sekolah mulai dari SD hingga SMA, selimut serta peralatan dan pakaian bayi untuk ibu hamil.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.