Dinkes Boltim Imbau Warga akan Bahaya Rabies

0
791

Boltim Waspada Rabies///jdl

Boltim,inatonreport.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali mewaspadai munculnya indikasi penyebaran penyakit rabies pada sejumlah wilayah di Kabupaten Bolmong Timur (Boltim). Ini menyusul tiga kasus gigitan anjing di Kecamatan Kotabunan.

Kepada warga, Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi mengimbau agar waspada terhadap gigitan hewan peliharaan, terutama anjing liar yang berkeliaran ditempat tinggal mereka. “Jika terkena gigitan anjing liar, segera berobat, dan laporkan kepada petugas kesehatan hewan,” imbaunya.

Kendati belum ada korban meninggal akibat rabies, Ia mengatakan, tindakan pertama yakni dengan mencuci bekas gigitan anjing dengan deterjen atau air mengalir selama 15 menit. “Setelah dicuci, lalu beri antiseptik atau alkohol. Kemudian, segera periksakan ke puskemas terdekat guna diberi VAR (Vaksin Anti Rabies),” terangnya.

Mengenai gejala rabies ini, katanya, penderita mengalami gejala seperti, sakit kepala, lesu, mual, nafsu makan berkurang, gugup dan nyeri bila ditekan pada bekas luka gigitan.

“Gejala yang khas yaitu rasa takut pada air yang berlebihan, kejang-kejang yang disusul dengan kelumpuhan,” pungkasnya. (kbm/her)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.