Pekan Depan, 160 Calon Paskibra Ikut Psikotes

0
901

Kotamobagu, inatonreport.com – Sebanyak 160 orang calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) akan mengikuti ujian psikotes pada Senin (10/4), pekan depan.

Dikatakan DR Abrar Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kotamobagu, jika proses seleksi akan melalui beberapa tahap yang harus dilewati oleh para calon pengibar.

“Seleksi Paskibra tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Ada 7 tahapan seleksi yang harus dilewati,” terang Abrar.

Lanjut Abrar, 160 calon Paskibra diperoleh dari seleksi oleh masing-masing sekolah, dengan proses yang cukup ketat.

“Mereka harus memiliki tinggi dan berat badan yang ideal. Untuk putri tinggi 160 cm, dan putra 165 cm, berat badan 58 kg dengan tolerasi 3 kg,” ,” kata Abrar, di kantornya, pagi tadi, Kamis(6/4).

Dari hasil seleksi, nantinya hanya 38 orang yang akan dipilih. Dari 38 orang, empat orang akan diutus mengikuti seleksi tingkat Provinsi Sulut. Dua orang yang gagal dalam seleksi provinsi, tetap akan masuk dalam pasukan 36 tingkat Kota Kotamobagu.
Selain psikotes, Calon pasukan juga akan mengikuti tes fisik berupa lari, push up dan sit up serta beberapa tes kedisiplinan.

“Ada pula tes PBB, serta pengetahuan umum. Kita pernah melakukan seleksi seperti tahun ini, yaitu pada 2012 silam. Dan, seleksi tahun 2012 itu, diakui sebagai seleksi terbaik se-Sulut,” kenang Abrar.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.