Deteksi Kesehatan Tubuh dengan Sendok

0
1113

inatonreport.com – Kebanyakan orang enggan melakukan check-up kesehatan untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuhnya. Selain butuh biaya, kebanyakan orang seringkali merasa takut saat hasil tes telah selesai.

Namun tahukah Anda, ada cara sederhana yang bisa membantu Anda melakukan check-up kesehatan tubuh. Hanya menggunakan sendok makan, bisa membantu Anda mendiagnosis masalah kesehatan.

Meski mengetahui fakta bahwa pemeriksaan rutin penting untuk kesehatan. Tapi, kebanyakan orang cenderung mengabaikan tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh dan tidak menyadari gejala-gejala tersebut sebenarnya bisa menjadi masalah kesehatan serius.

Untuk itu, tak ada salahnya, mencoba memanfaatkan sebuah tes sendok sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Tes ini bisa menunjukkan kondisi kesehatan tersembunyi yang bisa Anda derita. Lalu, bagaimana cara melakukan tes kesehatan dengan sendok? Berikut tipsnya untuk Anda.

Periksa kesehatan dalam satu menit

1. Tes ini harus dilakukan dalam keadaaan perut kosong di pagi hari. Hindari minum air putih sebelum melakukan tes sendok ini.

2. Ambil sendok dan gosok dasarnya ke seluruh permukaan lidah Anda.

3. Basahkan dasar bawah sendok dengan air liur Anda.

4. Masukkan sendok ke dalam kantong plastik dan simpan di bawah sinar matahari atau cahaya terang.

5. Setelah satu menit, ambil sendok dari kantong. Jangan menyentuh dasar.

Indikasi kesehatan

Jika Anda tidak menemukan noda atau bau tak sedap dari sendok, maka organ dalam Anda berada dalam kesehatan yang sempurna.

Tapi, jika sendok menimbulkan bau tak sedap, bisa menjadi indikasi masalah paru. Bau ini jauh lebih buruk dari bau mulut Anda. Ini bisa jadi pertanda adanya infeksi di paru-paru Anda.

Jika sendok Anda berbau seperti amonia (bau yang kuat dan menyengat), ini merupakan indikasi adanya penyakit ginjal.

Tes yang menarik

Lidah memang banyak bercerita tentang kesehatan kita. Alasan mengapa dokter seringkali meminta untuk menunjukkan lidah, salah satunya, untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda.

Bau buah

Jika ada bau buah dari tes sendok yang dijalani, maka Anda mungkin menderita diabetes. Hal ini terjadi karena adanya keton yang membuat bau harum dan buah.

Ada noda pada sendok

Pewarnaan putih menunjukkan infeksi pernapasan. Penumpukan putih ini disebabkan oleh beberapa infeksi dan virus yang ada di tubuh.

Jika timbul noda ungu merupakan tanda sirkulasi darah yang buruk, bronkitis atau kadar kolesterol tinggi. Bronkitis mengurangi gelombang udara yang membawa oksigen ke aliran darah, yang bisa menyebabkan noda ungu.

Noda kuning pada sendok adalah tanda disfungsi kelenjar tiroid. Noda ini akan memiliki lapisan tebal. Konversi beta karoten ke vitamin A tergantung pada hormon tiroid. Kekurangan hormon ini bisa menampakkan penumpukan karoten yang kekuningan.

Jika timbul noda jerawat oranye berarti Anda menderita penyakit ginjal. Penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan jaringan mulut menjadi pucat karena anemia, atau oranye akibat endapan mirip karoten.

sumber:viva.co.id

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.