SDN 4 Bilalang Cerdaskan Siswa Lewat Sistim Tagih Hutang

0
790

Kotamobagu, inatonreport.com – Jika mendengar kata tagih hutang, pasti yang terpikir lebih dahulu soal ekonomi, sehingga arti negatif sangat melekat.

Namun Sistim Tagih Hutang yang digiatkan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Bilalang ini, diklaim dapat mendidik anak makin cerdas, khususya di bidang akademik.

Lusmiati Mokoginta, Kepala SDN 4 Bilalang, Kecamatan Kotamobagu Utara, menjelaskan jika Sistim Tagih Hutang merupakan cara ampuh mendidik siswa untuk bertanggungjawab dengan soal yang diberikan oleh guru.

“Siswa diberikan lima soal sebelum pulang. Besoknya, mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang diterima sehari sebelumnya. Jika tidak bisa menjawab, akan bertambah dengan soal baru pada hari itu,” kata Lusmiati, Selasa (2/5).

Lanjut Lusmiati, Sistim Tagih Hutang juga merupakan cara baru untuk mengganti cara lama yakni dengan memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada siswa.

“Dengan cara ini, anak didiknya diminta untuk langsung menghapal semua jawaban. Jika menerapkan cara lama yang hanya memberi PR, siswa hanya mencatat tapi tidak menghapal. Cara ini membuat siswa lebih siap saat mengikuti kompetisi akademik,” terang Lusmiati.

Tahun ini, sistim tagih hutang baru diterapkan pada siswa kelas 6. Direncanakan, tahun ajaran baru akan diterapkan pada siswa kelas 3-6.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.