Tidak Ingin Bau Mulut, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Puasa

0
990

inatonreport.com – Bau mulut saat puasa salah satu hal yang dikhawatirkan beberapa orang ketika berpuasa. Agar terhindar dari masalah ini ada hal-hal yang terlarang dilakukan saat sahur.

Dilansir dari detikHealth, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda jauhi saat sahur agar di siang hari tidak keluar bau mulut yang meruntuhkan rasa percaya diri:

  1. Minum Kopi

Kopi adalah minuman yang bersifat diuretik. Ketika hanya minum kopi tanpa minum air putih yang cukup, maka tubuh tidak bisa memproduksi air liur yang cukup pula.

Saat air liur sangat minim, mikroba dalam mulut akan semakin leluasa ‘memakan’ sisa-sisa makanan yang ada di mulut. Aktivitas mikroba ini memunculkan bau mulut yang tidak sedap.

Karena itu bagi penggemar kopi, sebaiknya jangan meminumnya di waktu sahur. Pilihlah waktu lain untuk minum kopi agar tidak menimbulkan bau mulut di siang hari.

2. Merokok

Nikotin dari rokok menempel di gigi menyebabkan terjadinya plak. Ditambah dengan sisa makanan yang ikut menempel di gigi maka akan menambah plak. Bakteri pun berakumulasi sehingga menimbulkan bau mulut saat puasa.

Selain itu, rokok berpotensi membuat rongga mulut jadi lebih kering. Akibat air liur yang tidak cukup diproduksi memicu pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri dalam mulut yang memecah asam amino. Akibatnya mulut berbau tidak sedap.

3. Kebanyakan Makan Telur dan Daging

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam mengonsumsi telur dan daging saat sahur. Ya, menurut Prof Dr drg Melanie S.Djamil, MBiomed dari Fakultas Gigi Universitas Trisakti, jika dikonsumsi berlebihan, maka akan menghasilkan gas yang cukup tinggi.

Nah, apabila gas di lambung terlalu banyak maka akan membuat napas menjadi tidak sedap. Selain itu, perut juga akan terasa kembung dan tidak nyaman.

Ditambahkan Prof Melanie, daging juga mengandung banyak protein yang bisa berubah menjadi asam amino. Ketika puasa, produksi air liur akan berkurang karena kurangnya asupan cairan. Akibatnya, jumlah oksigen di dalam mulut pun akan berkurang. Nah, bakteri yang ada di mulut memecah asam amino sehingga menyebabkan mulut berbau tidak sedap.

4. Tidak Menggosok Gigi Setelah Sahur

Setelah selasai makan sahur, ambil jeda 15-20 menit untuk segera menggosok gigi. Sebab jika Anda menunda menggosok gigi, bisa menyumbang peluang munculnya bau mulut pada saat sedang berpuasa.

Ya, menurut Dr drg Tri Erri Astoeti, M.Kes., beberapa waktu lalu, bau mulut seringkali terjadi karena terlambat membersihkan gigi. Apalagi kata drg Tri, cukup dua menit membuat mulut menjadi asam setelah mengunyah makanan berkabohidrat.

Sisa makan yang tertinggal lama-lama akan menjadi plak dan bisa menyebabkan bau mulut. Belum lagi jika gosok gigi tidak dilakukan dengan bak sehingga masih banyak sisa makanan yang tertinggal.

5. Makan Makanan Berbau Tajam

Kendalikan hasrat Anda untuk makan makanan berbau tajam pada saat sahur. Makanan tersebut antara lain petai, jengkol dan bawang. Sebab makanan berbau tajam akan menyebabkan napas Anda pun ikut berbau kurang sedap.

“Untuk buah, sebaiknya hindari konsumsi nangka dan duren karena bisa memicu gas pada lambung,” saran Prif Melanie beberapa waktu lalu.

Selain menghindari makanan berbau tajam, sebaiknya kurangi juga mengasup makanan atau minuman manis pada saat sahur. Sebab hal ini bisa mempercepat mulut menjadi asam, sehingga mengundang datangnya bau mulut.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.