Wabup Lantik Lima Pengurus Baznas Boltim

0
903
Wakil Bupati Boltim saat mengambil sumpah kepada lima pengurus Baznas (Foto: Humas)

Boltim, inatonreport.com – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusdi Gumalangit melantik lima orang Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Boltim Periode 2017-2022, di aula lantai tiga Kantor Sekretariat Daerah Boltim, Rabu (7/6).

Kelima pengurus Baznas Boltim tersebut, memiliki tugas penting diantaranya mengkoordinir zakat di Boltim serta melaporkannya ke Baznas Provinsi Sulawesi Utara.

Lewat sambutannya Rusdi mengatakan, zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian. Selain itu, zakat dapat membantu mengurangi beban pemerintah dalam menangani masalah sosial, secara tidak langsung dapat membantu APBN dan APBD.

“Hasil kajian menunjukkan, secara umum lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, sangat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan zakat,” kata Papa Keken sapaan akrab Rusdi Gumalangit.

Lanjut Rusdi, terdapat tiga faktor yang mendukung keberhasilan zakat, yakni regulasi dari pemerintah sudak cukup banyak dan lengkap mulai dari undang-undang, Peraturan Pemerintah, Instruksi Presiden, hingga Peraturan Badan Amil Zakat Nasional.

“Selain regulasi, juga faktor motivasi, dimana kami meminta Kantor Kemenag untuk menjadi motor penggerak dari gerakan sadar zakat ini. Yang ketiga adalah Koordinasi, yaitu pengurus Baznas merupakan koordinator dalam pengumulan zakat sekaligus pendistribusiannya,” tutup Rusdi.

Selain pelantikan kelima pengurus Baznas, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan sejumlah MoU antara Pemerintah Daerah Boltim dengan pihak Kemenag Boltim, terkait program kerjasama kedua belah pihak.

*Hms/Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.